Hubungan Durasi Posisi Bermain Game Online Dengan Kejadian Neck Pain

Authors

  • Asih Asih Universitas Yatsi Madani
  • Dewi Nur Puspita Sari Universitas Yatsi Madani
  • Zahrah Maulidia Septimar Universitas Yatsi Madani

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.816

Keywords:

Durasi

Abstract

Pendahuluan: Neck pain adalah nyeri yang dirasakan pada bagian belakang dari susunan tulang belakang yang paling atas atau cervical, neck pain dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya intensitas penggunaan smartphone yang terlalu lama dapat mempengaruhi posisi fleksi pada leher Tujuan: Untuk mengetahui hubungan durasi posisi bermain game online dengan kejadian neck pain. Metode: Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik Sampel: Teknik yang digunakan adalah simple random sampling.  Jumlah sampel: sampel berjumlah 162 responden. Hasil penelitian: Hasil penelitian yang dilaksanakan di SMK Nurul Hikmah menggunakan uji rank spearman correlation bahwa terdapat hubungan durasi posisi bermain game online dengan kejadian neck pain dengan p-value sebesar 0,001< 0,05 Yang berarti ada hubungan antara durasi posisi bermain game online dengan kejadian neck pain dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,267 yang menunjukkan keeratan variabel cukup dengan hubungan kedua variabel positif searah. Kesimpulan: Terdapat hubungan durasi posisi bermain game online dengan kejadian neck pain. Saran: Siwa siswi di SMK Nurul hikmah disarankan untuk menghindari atau membatasi smartphone untuk bermain game online agar terhindar dari kejadian neck pain.

References

Arthamevia, S. M. (2022). Durasi Penggunaan Smartphone Dan Keluhan Nyeri Leher Padaubungan Antara Tim E-Sport Mobile Legend. Jurnal Fisioterapi Terapan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.7454/jfti.v1i2.1037

Assari, A. (2021). Kecanduan Smartphone Ditinjau dari Sensation Seeking pada Siswa SMA di Yogyakarta. Acta Psychologia, 3(2), 138–147. http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia

Cucu Arista, & Rahmad Edi Irawan. (2023). Analisis Framing Media Online Dalam Pemberitaan Larangan Bermain Game Online PUBG Mobile. Bandung Conference Series: Journalism, 3(3), 223–232.

Depari, R. D. S., & Rambe, A. S. (2021). Hubungan Posisi Menunduk saat Menggunakan Telepon Seluler dengan Nyeri Tengkuk. SCRIPTA SCORE Scientific Medical Journal, 3(1), 17–22.

Khasanah, S. M. R., & Mamnuah. (2021). Tingkat Stres Berhubungan dengan Pencapaian Tugas Perkembangan pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 107–116.

Lai, G. H., Gita, D. K. R., Lidesna, A., Amat, S., Setiawan, I. M. B., & Sasputra, I. N. (2023). The Correlation of Duration and Position Smartphone Usage Towards Neck Pain on Medical Student at Universitas of Nusa Cendana Medical Rehabilitation Departement Faculty of Medicine , Universitas Nusa Cendana Biochemistry Departement Faculty of Medicine ,. Cendana Medical Journal (CMJ), 11(2), 207–218.

Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Hubungan durasi bermain game online dengan muskuloskeletal disoeders pada pemain E-sport tim onic di Jakarta. 7(3), 6.

Lawson, G. E., Nolet, P. S., Little, A. R., Bhattacharyya, A., Wang, V., Lawson, C. A., & Ko, G. D. (2020). Medial branch blocks for diagnosis of facet joint pain etiology and use in chronic pain litigation. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17217932

Lengkong, G. T., Langi, F. L. F. G., & Posangi, J. (2020). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kematian Bayi Di Indonesia. Jurnal Kesmas, 9(4), 41–47. https://doi.org/10.37063/ak.v4i1.514

Li, L., Liu, X., & Herr, K. (2007). Postoperative pain intensity assessment: A comparison of four scales in Chinese adults. Pain Medicine, 8(3), 223–234. https://doi.org/10.1111/j.1526-4637.2007.00296.x

Nugent, S. M. (2021). Associatons of pain numeric rating scale scores collected during usual care with research administered patient reported pain outcomes. Pain Medicine, 22(10), 2235–2241.

Nur Kurniawan, R., Wijaya, I., Yani, A., Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pancasakti Makassar, J., & Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu, J. (2021). Konstruksi Sosial Remaja Pecandu Game Online di Kota Makassar Social Constructs of Adolescent Online Game Addicts in Makassar City. The Indonesian Journal of Health Promotion, 4(1), 110–115.

Obaita, S. W., Paramitta, M. B., & Batu, R. L. (2023). Survey Jumlah Pengguna Smartphone Secara Global: Pengguna Smartphone Terbanyak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 495–512.

Retalia, R., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 139–149. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149

Wati, S. L., Endaryanto, A. H., Sartoyo, S., & Kusuma, W. T. (2023). Hubungan Durasi Bermain Game Online Dengan Resiko Terjadinya Neck Pain Pada Generasi Milenial Di Perumahan Magersari Indah Mojokerto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(1), 20–25.

https://doi.org/10.30651/jkm.v8i1.16128

Published

2024-08-13

How to Cite

Asih Asih, Dewi Nur Puspita Sari, & Zahrah Maulidia Septimar. (2024). Hubungan Durasi Posisi Bermain Game Online Dengan Kejadian Neck Pain . Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 163–167. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.816

Most read articles by the same author(s)