Asuhan Keperawatan Pasien Gagal Nafas Dengan CKD Dalam Pemenuhan Kebutuhan Cairan Di RSUD Kabupaten Tangerang

Authors

  • Zahrah Maulidia Septimar Universitas Yatsi Madani
  • Astika Nisa Putri Universitas Yatsi Madani
  • Fitria Rahma Nuraini Universitas Yatsi Madani
  • Heni Fitriyah Universitas Yatsi Madani
  • Irfan Alamsyah Universitas Yatsi Madani
  • Lely Fajriyah Universitas Yatsi Madani

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjik.v2i1.102

Keywords:

Kompres Serei, Nyeri, Arthritis Rheumatoid

Abstract

Pendahuluan : Chronic Kidney Disease atau Gagal Ginjal Kronik merupakan suatu kondisi penurunan fungsi pada ginjal yang cukup berat dan terjadi secara perlahan dalam kurun waktu yang lama, dimana tubuh tidak mampu atau gagal memelihara metabolisme cairan dan elektrolit yang menyebabkan gangguan reabsorbsi. Di Provinsi Banten menurut Riset Kesehatan Dasar Provinsi Banten menunjukkan prevalensi penderita gagal ginjal kronik sebesar 0,2%. Dengan prevalensi di kota serang sebesar 0,1% (Riskesdas, 2018). Tujuan : Pembuatan makalah ini yaitu untuk mengetahui bagaimana asuhan keperawatan pada pasien dengan CKD (Chronic Kidney Disease) diagnosa yang muncul pada kasus ini antara lain pola napas tidak efektif, hipervolemia, gangguan perpusi serebral, dimana intervensi yg dilakukan antara lain: manajemen pola napas, manajemen hipervolemia, dan perawatan sirkulasi. Metode : Cara pengambilan data pada pasien yaitu dengan melakukan pengkajian primer dan sekunder pada pasien. Hasil : dari implementasi yang dilakukan antara lain, frekuensi napas membaik, edema menurun, tekanan darah menurun, tingkat kesadaran meningkat. Kesimpulan : dari hasil didapatkan 3 diagnosa keperawatan 3 luaran keperawatan dan 3 implementasi keperawatan.

References

Gliselda, V. K. (2021). Diagnosis dan Manajemen Penyakit Ginjal Kronis (PGK). Jurnal Medika Hutama, 2(04 Juli), 1135–1141.

Hemodialisis, M., & Padang, M. D. (2022). Artikel Penelitian Gambaran Klinis Penderita Penyakit Ginjal Kronik yang. Kavacare.Id, 7(1), 42–50.

Naim, H., Assahra, A., & Aji, T. (2021). Nursing Care In CKD (Chronic Kidney Disease) Patients In Fullment Of Fluid Need. c.

Nicolas, G. A. (2012). Terapi hemodialisis sustained low efficiency daily dialysis pada pasien gagal ginjal kronik di ruang terapi intensif. JOurnal Medika Udayana, 1–16.

Ramadhani, A. W. (2020). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Chronic Kidney Disease (CKD) Dengan Tindakan Pembatasan Kebutuhan Cairan. Jurnal Universitas Kusuma Husada Surakarta, 9(7).

Safitri, L. N., & Sani, F. N. (2019). Diploma 3 Nursing Study Program STIKes Kusuma Husada Surakarta 2019 NURSING CARE ON MRS. H WITH CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) IN FULFILLMENT OF FLUID NEED. c.

Siwi, A. S. (2021). Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Terapi Hemodialisa. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 9(2), 1–9. https://doi.org/10.36085/jkmb.v9i2.1711

Published

2023-12-29

How to Cite

Zahrah Maulidia Septimar, Astika Nisa Putri, Fitria Rahma Nuraini, Heni Fitriyah, Irfan Alamsyah, & Lely Fajriyah. (2023). Asuhan Keperawatan Pasien Gagal Nafas Dengan CKD Dalam Pemenuhan Kebutuhan Cairan Di RSUD Kabupaten Tangerang. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i1.102

Most read articles by the same author(s)