Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK Dharma Wanita

Authors

  • Lullu Lillah Universitas Widya Nusantara
  • Agnes Erlita Distriani Patade Universitas Widya Nusantara
  • Elifa Ihda Rahmayanti Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjik.v3i1.983

Keywords:

Kemampuan sosialisasi, Anak, Pola asuh

Abstract

Pentingnya sosialisasi bagi setiap anak menjadi tanggung jawab orang tua, masyarakat dan pemerintah untuk mengajarkan dan mewariskannya kepada anak-anak. Namun, saat ini masih banyak orang tua, masyarakat dan pemerintah yang mengabaikan proses sosialisasi yang dialami oleh anak- anak. Akibatnya anak-anak tersebut kurang memahami perbedaan antara yang baik dan yang buruk. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada orang tua yang ada saat mengantar anaknya  sekolah, dari 3 orang orang tua menyatakan tidak memahami bagaimana menilai kemampuan sosialisasi anak yang baik. Tujuan penelitian dianalisis adanya hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Dharna Wanita Desa Lombonga . Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan penelitian deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 35 responden dengan teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu (Total Sampling). Hasil Penelitian  dari 35 responden dengan menggunakan analisis Uji Chi-square diperoleh p-value =0.004 <p=0.05. Simpulannya ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Dharma Wanita Desa Lombonga. Saran  diharapkan lebih meningkatkan penerapan pola asuh yang baik dan benar terutama untuk masyarakat atau orang tua anak prasekolah ilmu pengetahuan dalam memberikan pola asuh anak yang baik dan benar, sehingga orang tua dapat memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak.

 

Kata Kunci : Pola Asuh, Kemampuan Sosialisasi

References

asmini. (2020). Emotional Parenting. In ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam) (Vol. 3, Issue 2). Https://Doi.Org /10.32505/ Enlighten. V3i2.1674.

Firdaus Dan Fakhry Zamzam. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. In Aplikasi Metodologi Penelitian. Cv Budi Utama. Https://Books. Google.Co.Id/Books?Id=Mqzadwaaqbaj&Printsec=Frontcover&Hl=Id# V=Onepage&Q&F=False.

Ismail. M. Pentingnya Sosialisasi Bagi Anak. 2019. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama JISA. Vol.2 No. 1.

Mutmainnah. (2019). Bahwa Lingkungan Keluarga Merupakan Pilar Utama Pada Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Membentuk Baik Buruknya Pribadi Manusia Agar Berkembangh Baik Dalam Beretikaperspektif Psikologi. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 5(2), 15. Https://Doi.Org/10.22373/Equality.V5i2.5586.

Poppy Farasari. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Nurul Fikri Tulungagung. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas Volume 5 No 2, Hal 6 – 15, Mei 2022 Persatuan Perawat Nasional Indonesia Jawa Tengah.

Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Data Perkembangan Anak Tahun 2021.

Raihana Norfitri. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Perkembangan Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat. Vol 9. No. 1.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya Dan Permainan Tradisional Pada Keterampilan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i2.502.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian Dan. Pengembangan. Kesehatan. Kementerian. RI Tahun. 2018.

Sisri Landa Sari. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Di Jorong Kampung VII Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Soetjiningsih. (2015). Tumbuh Kembang Anak. EGC. Jakarta.

Suharsono. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di Tk Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal Of Nursing), Volume 4, No.3, November 2019.

Supariasa (2017) Penilaian Status Gizi. Jakarta:EGC.

World Health Organization (WHO) (2020). Joint Malnutrition Estimates. 2020.

Published

2024-10-18

How to Cite

Lullu Lillah, Agnes Erlita Distriani Patade, & Elifa Ihda Rahmayanti. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK Dharma Wanita. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1), 12–17. https://doi.org/10.59435/gjik.v3i1.983