Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Pembelajaran Bangun Ruang
Main Article Content
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam pendidikan. Namun, kualitas pendidikan matematika di Indonesia masih belum optimal. Salah satu materi matematika yang dianggap sulit adalah bangun ruang. Kesulitan siswa dalam mempelajari bangun ruang disebabkan oleh keterbatasan visualisasi yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan pembelajaran matematika, diperlukan inovasi dalam media pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat digunakan adalah Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi ini dapat digunakan untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis AR yang menarik dan interaktif dalam mempelajari materi bangun ruang. Aplikasi AR yang dikembangkan menggunakan metode Marker Based Tracking dan termasuk dalam kategori aplikasi multimedia. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa aplikasi ini bebas dari kesalahan fungsional. Oleh karena itu, aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran bangun ruang.
Adhani, A., & Gustalika, M. A. (2022). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(5), 1218–1225.
Alamsyah, N., & Krisdiawan, R. A. (2021). Pembangunan Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Tingkat Sd/Smp Dengan Menggunakan Metode Marker Augmented Reality. NUANSA INFORMATIKA, 15(1), 23–31.
Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422.
Azzakki, W. M., & Krisbiantoro, D. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN SEBAGAI UPAYA MEMBANTU BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR: Studi Kasus: SMK Bina Mandiri. Journal of Information System Management (JOISM), 3(2), 46–50.
Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 579–586.
Farianto, W., Prasetyo, N. A., & Raharja, P. A. (2021). Augmented Reality Objek Bersejarah Museum Soesilo Soedarman Menggunakan Metode Marker Based Dan Markerless. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 6(2), 141–153.
Harchristanto, B. A., & Utami, W. S. (2023). Solar System Education Application Using Markerless Augmented Reality (AR) on The Android Platform. International Journal Software Engineering and Computer Science (IJSECS), 3(3), 377–385.
Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135–142.
Mubarok, Z. (2019). Perancangan dan pembuatan aplikasi pembelajaran bangun ruang 3D berbasis android dengan memanfaatkan augmented reality. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal, 2(1), 29–38.
Musthofa, M. N. A., & Handayani, I. (2023). Developed Jepara 3D Augmented Reality Furniture Catalog Application Based on Android. International Journal Software Engineering and Computer Science (IJSECS), 3(3), 252–260.
Purwoko, N. E., & Zen, B. P. (2023). Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 17(2), 302–312.
Rafiko, M. R., & Sunardi, D. (2022). PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNKAN MARKER AR. Journal Innovation Informatics (JII), 1(3), 152–159.
Rahayu, E. P., Salsabila, S., & Fitriah, F. (2022). Pengembangan Alat Peraga Putaran Jaring-jaring Bangun Ruang untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 13–26.
Ramadhan, M. A. N., & Waluyo, A. F. (2023). Development of Android-Based 3D Building Augmented Reality Application at Jogja Student Islamic Boarding School 2. International Journal Software Engineering and Computer Science (IJSECS), 3(3), 205–212.
Saca, A. (2021). Penerapan Marker-Based Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya. JIKA (Jurnal Informatika), 5(1), 33–40.
Setyawan, B., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented reality dalam pembelajaran IPA bagi siswa SD. K-JTP, 7(1), 78–90.