Strategi Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) Dalam Meningkatkan Pelayanan Jasa Transportasi Kereta

Authors

  • Dila Ayu Lestari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ayyu Ainin Mustafidah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i2.315

Keywords:

SWOT, Strategi, Layanan, PTKAIDAOPXI, TRANSPORTASI

Abstract

Strategi merupakan rencana jangka panjang yang dibuat oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan bisnisnya. Strategi perusahaan merinci langkah-langkah yang harus diambil oleh perusahaan untuk mengelola risiko, mempertahankan keunggulan kompetitif, dan terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan PT. KAI DAOP IX Jember dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api, serta mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan PT KAI DAOP IX Jember. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sudah melakukan analisa SWOT yang baik terdiri dari kekuatan pasar, kelemahan dari perusahaan ini, peluang dari adanya produk perkeretaan, dan terakhir ancaman yang terjadi. Selain itu peneliti sudah menelaah lebih lanjut terkait kesediaan untuk bekerja di pemerintahan saat ini baik itu karyawan tetap maupun kontrak. Selama Perusahaan berdiri sudah ada perluasan penawaran layanan dibandingkan tahun sebelumnya menjadi hal biasa dengan mengurangi jumlah keberatan dari pelanggan yang menggunakan layanan tersebut. Hal yang terpenting ada upaya yang cukup besar dari pihak manajemen untuk memecahkan masalah dalam melayani perkeretaapian.

References

Afin. Menciptakan SDM Berkualitas. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta. .2013.

Atun Mar, N. Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. Universitas Islam Malang. 2019.

Hariani, D. Formulasi Strategi Public Relation Dan Kehumasan Dalam Meningkatkan Citra TVRI Sebagai Televisi Pendidikan Indonesia. Journal of Applied Business and Economic, 02(1), 33–48. 2015.

Kaslum, U., & Yamin, M. (2017). Strategi Pengembangan Transportasi Massal Di Wilayah Suburban Makassar. Jurnal Transportasi Multimoda, 15(1), 33–38.

Kaslum, U., & Yamin, M. (2017). Strategi Pengembangan Transportasi Massal Di Wilayah Suburban Makassar. Jurnal Transportasi Multimoda, 15(1), 33–38.

Kusmana, Suherli. 2010. Manajemen Inovasi Pendidikan. Ciamis: Pascasarjana Unigal Press.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Luth’v, W. A., Sena Wangi, B. A., Lestari, R. A., Abidah, E. E., Salsabila, E., & Amri, A. (2022). Strategi pelayanan perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam meningkatkan pengguna jasa transformasi kereta api. Insight Management Journal, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.47065/imj.v2i2.153

Priyanto Agus. Manajemen Perubahan Layanan Penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero): Analis Dari Perspekti Pendekatan Individu. Universitas Padjadjaran. 2020.

Solihin, Ismail. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2012

Sulistyowati, A. Analisis SWOT Strategi Peningkatan Pelayanan Transportasi PT. Kereta Api Indonesia (Studi Tentang Pelayanan Kereta Api di Surabaya). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 6(1), 33–49. 2016

Sudirman, Indrianty , Topik-Topik Riset Manajemen Strategi. Bogor: PT Penerbit IPB Press. 2013.

Sudarman, E. Pengaruh Budaya Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang. Study & Management Research, 15(1), 71–84. 2018.

Utami, S. B. Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada pt. taspen (persero) cabang Yogyakarta. In Tugas Akhir. Universitas Negeri Yogyakarta. 2013.

Yudhistira, A., & Niswah, F. (2019). Manajemen Strategi Peningkatan Investasi Oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surabaya. Jurnal Administras Publik, 7(4), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27322

Zakiyah, U., & Fadiyah, D. Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Ramah Penyandang Disabilitas Di Dki Jakarta. 2020.

Published

2024-02-21

How to Cite

Dila Ayu Lestari, & Ayyu Ainin Mustafidah. (2024). Strategi Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) Dalam Meningkatkan Pelayanan Jasa Transportasi Kereta. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 152–157. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i2.315

Issue

Section

Articles

Categories