Prosedur Pelayanan Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Teratai Jember

Authors

  • Audy Yosi Meyla Univeritas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember
  • Desy Puspita Arum Univeritas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember
  • Devi Hardianti Rukmana Univeritas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i2.336

Keywords:

Prosedur pelayanan, Perpanjangan, Pergantian STNK

Abstract

Laporan hasil Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau juga bisa disebut magang ini berjudul " prosedur pelayanan kendaraan bermotor pada kantor bersama Samsat teratai Jember" laporan ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui apa-apa saja prosedur pada saat melakukan pembayaran pajak tahunan atau memperpanjang STNK dan juga mengganti plat motor ataupun mobil di kantor Samsat kota Jember. Adapun prosedur dan cara untuk memperpanjang STNK atau membayar pajak tahunan dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Samsat membawa STNK asli dan untuk mengganti plat motor ataupun mobil bisa membawa BPKB asli. Dan bagi masyarakat yang ingin mengganti plat motor atau mobilnya harus menyertakan formulir hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan dan kendala yang terjadi pada saat pergantian STNK ataupun plat motor dan mobil. Adapun masyarakat yang kehilangan STNK harus melakukan BBN atau bea balik nama dan mutasi. Dalam penyusunan jurnal ini penulis menggunakan metode kualitatif.

References

Roy, I. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16(1), 26-30.

Nur, W, N. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 1(2), 185-195.

Nasution, F. R., & Sinaga, R. S. (2014). Evaluasi Kinerja Pegawai Kantor Samsat dalam Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(1), 1-17.

Sutedi, A. Hukum Pajak, (Jakarta : Sinar Grafika,2011), hal.2

Thoharudin, M., Suriyanti, Y., & Huda, F. A. (2019). Pengaruh prosedur pembiayaan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan pada BPD Kalimantan Barat KCP syariah cabang Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 4(1), 1-10.

DADAN, F. H. (2021). MEKANISME KAPAL TUNDA UNTUK MEMBANTU PANDU DI ALUR PELAYARAN CILACAP. KARYA TULIS.

Published

2024-02-24

How to Cite

Audy Yosi Meyla, Desy Puspita Arum, & Devi Hardianti Rukmana. (2024). Prosedur Pelayanan Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Teratai Jember. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i2.336

Issue

Section

Articles

Categories