Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Kelas XI Di SMAN 25 Kabupaten Tangerang

Authors

  • Widah Nurul Aini Universitas Yatsi Madani
  • Rohaeti Universitas Yatsi Madani
  • Mursiah Universitas Yatsi Madani

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.46

Keywords:

Pola Asuh, Merokok, Remaja

Abstract

Pendahuluan: perilaku merokok adalah kegiatan membakar sebatang rokok, kemudian dihisap dan dihembuskan sehingga menghasilkan asap yang dapat dihirup oleh orang sekitar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada remaja kelas XI di SMAN 25 kab. Tangerang. Desain Penelitian: cross sectional dengan mengukur variabel diwaktu bersamaan. Teknik Sampel: sampel pada penelitian ini sebanyak 78 responden, Teknik yang digunakan yaitu random sampling. Analisa Data: Pada penelitian ini menggunakan Analisa univariat dan bivariat. Hasil: dari 78 responden didapatkan hasil pola asuh permisif sebanyak 26 (33,3%), pola asuh otoriter sebanyak 40 (51,3%), dan pola asuh demokratis sebanyak 12 (15,4%). tidak merokok sebanyak 20 (25,6%), dan yang merokok sebanyak 58 (74,4%).Hasil uji kolerasi didapatkan p value = 0,193, sehingga p value <0,05 yang artinya H1 ditolak. Kesimpulan: tidak terdapat hubungan yang signifikan hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada remaja. Saran: diharapkan orang tua dapat memberikan pengetahuan tentang bahaya merokok dan lebih memperhatikan lagi perilaku pada anak.

References

Ahmad, S., Rasimin, R., & Nani Hasanuddin Makassar, S. (n.d.). Hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada siswa SMK Mastar Makassar. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis (Vol. 15).

Amin, S., & Harianti, R. (2018). Pola asuh orang tua dalam motivasi belajar anak (edition 1). CV Budi Utama.

Aulia, R. R., & Nani Hasanuddin Makassar, S. (2019). Faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada siswa di SMA Negeri 3 Pangkep. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis (Vol. 14).

Ciri, M., Tugas, D., Masa, P., Khamim, R., & Putro, Z. (2017). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 17(1).

Isroani Farida, syahrudin mahmud. (2023). Psikologi perkembangan: Vol. x,210 hlm, 14,8x21cm ( aeni rahmawati, Ed.).

Kesehatan, J. I., Husada, S., Penelitian, A., Umari, Z., Sani, N., Triwahyuni, T., & Kriswiastiny, R. (n.d.). Hubungan pengetahuan dengan perilaku merokok pada siswa SMK Negeri tanjungsari lampung selatan. Zainul Umari, Etal. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.422

Korespondensi, A., Fauziah program studi kesehatan masyarakat, D. A., Wijaya Husada, S., Adni Fauziah, D., Ronoatmodjo, S., Riono, P., studi kesehatan masyarakat, p., & latar belakang, A. (n.d.). Pengaruh distres emosional terhadap perilaku merokok remaja di Indonesia (Analisis Data Riskesdas 2013). In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).

Limbaru Fakhreni, K., Sabillah Hutasuhut, A., Nabila Nasution, A., Apriyani, T., Agustina Harahap, R., & kesehatan masyarakat, I. (n.d.). Suplemen Volume 15, Suplemen, 2023 https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hijp e939 pengetahuan dan sikap tentang perilaku merokok pada remaja SMP Negeri 1 Kuta Limbaru Knowledge and Sttitudes about Smoking Behavior in Adolescents at SMP. https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hijp

Norlita, W., & Amaliah, R. (n.d.-a). Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada remaja di SMK PGRI Pekanbaru.

Notoatmojo. (2018). S.K.M, M. C. H . Metodologi penelitian kesehatan Notoatmojo (ed.); 3rd ed.)

Suryawan, N. W., Bachrun, E., Prayitno, S., & Kuswanto, K. (2023). Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku merokok pada anak remaja laki-laki. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.470

Sutanto, V. A., & Andriani, A. (2019). Positive parenting (Membangun karakter positif anak). Pustaka baru press.

Syahrudin, Mandailina, V., Sabaryati, J., Susilowati, Y., Raras, N., & Sari, I. (2020). Statistika dasar : menggunakan Ms Excel & SPSS .

Tristanti Jurusan Kebidanan, I., & Muhammadiyah Kudus, S. (n.d.). remaja dan perilaku merokok.

Published

2023-09-14

How to Cite

Widah Nurul Aini, Rohaeti, & Mursiah. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Kelas XI Di SMAN 25 Kabupaten Tangerang. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 62–66. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.46

Issue

Section

Articles

Categories