Hubungan Penerapan Model Praktek Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Tora Belo

Authors

  • Ni Nyoman Tina Dwi Susanti Universitas Widya Nusantara
  • Viere Allanled Siauta Universitas Widya Nusantara
  • Masri Dg.Taha Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.48

Keywords:

MPKP, Kepuasan Kerja, Perawat

Abstract

Model Praktek Keperawatan Profesional merupakan suatu sistem dengan struktur, proses, dan nilai-nilai profesional yang sangat menekankan pada mutu kinerja tenaga keperawatan, permasalahan terkait dengan pelaksanaan model praktek keperawatan profesional adalah terbatasnya jumlah perawat dan fasilitas sarana pendukung, kompetensi perawat yang belum terstandar, belum optimalnya fungsi manajemen pelayanan keperawatan, Rumah sakit menggunakan model praktik keperawatan profesional untuk melaksanakan proses sistem asuhan keperawatan di bangsal guna untuk meningkatkan dan mewujudkan mutu pelayanan keperawatan, mutu pelayanan keperawatan yang optimal untuk mencapai derajat kesehatan dan kesejahteraan, mencerminkan perasaan seorang perawat terhadap kepuasan akan pekerjaanya,Pasien dan perawat sama-sama puas sebagai akibat dari perawatan yang diberikan oleh perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Penerapan Model Praktek Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Tora Belo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian adalah semua perawat yang bekerja di ruang Cemara 1 dan Cemara 2 Rumah Sakit Tora Belo yang berjumlah 33 perawat. Dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner model praktik keperawatan profesional dan kepuasan kerja perawat. Hasil penelitian dari 33 responden menggunakan uji Chi-Square, diperoleh nilai p = 0,001 (p<0,005). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan penerapan model praktik keperawatan profesional terhadap kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Tora Belo. Saran bagi Rumah Sakit Tora Belo agar dapat lebih meningkatkan penerapan model praktik keperawatan profesional dalam melakukan asuhan keperawatan dan agar dapat memberikan pelayanan keperawatan yang baik dan optimal kepada pasien.

References

Budo, A., Tulusan, F. & Tampi, G., 2020. Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(94), pp. 1-13.

Elizar, E. (2020). Penaruh Stres Kerja, Beban Kerja, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di RSUD Datu Beru. Jurnal Jumantik Vol.5 No.1 , 78-89.

Fitnanto, Ribut, Tina Shinta Parulian, and Elizabeth Ari Setyarini. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit: Literature Review.” Elisabeth Health Jurnal 6(2):137–41. doi: 10.52317/ehj.v6i2.345.

Fransiska Yuniati Demang, S. N. (2022). Manajemen Keperawatan. Media Sains Indonesia. Manajemen Keperawatan - Google Books

Kuesnadi, E.W., Abdillah, M. R., &, A. D. I. (2020). Predikator kepuasan kerja perawat di RSUD Kabupaten kepulauan meranti : Sebuah Pengujian Goal-Setting Theory. Jurnal Daya Sain, 8(2), 214-223.

Rasidin, C. 2018. Manajemen Kesehatan. CV Sah Media: Makassar. Retraningsih, E. 2013. Akses Layanan Kesehatan. PT Raja Grafindo: Jakarta.

Sari, Putri Wulan. 2022. “Hubungan Penerapan Metode Asuhan Keperawatan Profesional (MAKP) Dengan Kinerja Perawat.” Mega Buana Journal of Nursing 3(2):126–33.

Widiawati, Susi, Nofrida Saswati, Tarwiyah, Riawati Peni, Masril, and Asyrah. 2021. “Implentasi Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jambi.” Sains Sosio Humaniora 5(2):1–6.

Published

2023-09-15

How to Cite

Ni Nyoman Tina Dwi Susanti, Viere Allanled Siauta, & Masri Dg.Taha. (2023). Hubungan Penerapan Model Praktek Keperawatan Profesional Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Tora Belo. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 73–77. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.48

Issue

Section

Articles

Categories