Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kepatuhan Penggunaan Alat pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Konstruksi : Studi Literatur

Authors

  • Arini salsabila hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Susilawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.551

Keywords:

APD

Abstract

Konstruksi adalah salah satu jenis pekerjaan yang rentan terhadap kecelakaan kerja. Perencanaan bangunan, pengadaan bahan, dan pelaksanaan pembangunan itu sendiri. adalah semua bagian dari proses pembangunan. Salah satu cara terbaik untuk mencegah kecelakaan di tempat kerja adalah dengan menghilangkan risiko atau mengendalikan sumber. bahaya secara teknis, yang berarti pekerja harus menggunakan Alat Pelindung. Diri (APD). Alat Pelindung Diri. (APD) melindungi seluruh tubuh pekerja dari potensi bahaya. yang terjadi di tempat kerja. APD memegang peranan yang sangat penting.. dan dibutuhkan oleh  pekerja untuk meminimalisir kecelakaan kerja karena banyak  potensi bahaya.. baik di dalam maupun di luar lingkungan kerja.. Tujuan penelitian. ini untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja konstruksi. Metode penelitian yang digunakan ialah literature review yang membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi. perilaku kepatuhan penggunaan APD pada pekerja. konstruksi. Sumber data dari penelitian ini diambil dari jurnal yang terindeks google schoolar, terindeks nasional dan internasional sejak tahun 2016-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi perilaku kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) pekerja konstruksi.. Dapat disimpulkan beberapa di antaranya adalah pendidikan dan pengetahuan, sikap dan. perilaku, usia, masa kerja, dan ketersediaan alat pelindung diri (APD).

References

ACHMAD NAFI ARRIJAL, A. R. R. I. J. A. L. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BALIKPAPA (Doctoral dissertation, Universitas Balikpapan).

Aini, A., & Suwandi, W. (2023). Hubungan antara Pengetahuan dengan Kepatuhan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD). Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2), 363-368.

Aisyiah, I. K., Adhyka, N., & Anggestia, W. (2021). Faktor Predisposisi Terhadap Kepatuhan Penggunaan APD Level 3 Dokter Gigi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembangunan Nagari, 6(1), 38–48.

Alemu, A. A., Yitayew, M., Azazeh, A., & Kebede, S. (2020)'Utilization of Personal Protective Equipment and Associated Factors Among Building Construction Workers in Addis Ababa, Ethiopia, 2019', BMC Public Health, 20(794), pp. 1-7.

Arini, T. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Orang Tua Tentang Toilet Training Pada Anak Toddler DI Paud Tunas Ceria.

Dahyar, C. P. (2018)'Faktor Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja PT. X',Jurnal PROMKES, 6(2), pp. 178.

Devianti, I. C., Rupiwardani, I., & Susanto, B. H. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pekerja Konstruksi di PT” X”. Banua: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2(2), 50-58.

Fairyo, l. S., Setyo, A.2018. Higeia Journal Of Public Health Research And Development Kepatuhan Pemakaian Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Proyek. Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. HIGEIA2(1).

Fenelia, N. dan Herbawani, C.K. (2022) “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Konstruksi : Kajian Literatur,” PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), hal. 221–230.

Gultom R. (2018). Analisis Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Proyek Kontruksi di PT. Eka Paksi Sejati. Studi Kasus: Proyek Kontruksi untuk Pemboran Sumur EksploirasiTitanum (TTN-001) Daerah Aceh Tamiang. Bisnis Corp. 3(1).

Handayani, E. E., Nastiti, D., Rahman, A., & Ramdaniati, S. N. (2022). Hubungan Usia, Pengetahuan dan Masa Kerja terhadap Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Pekerja Pembangunan Jalan Kecamatan Banjar oleh CV. Adik Karya Konsultan. Jurnal Medika & Sains [J-MedSains], 2(2), 113-123.

Handayani, S. (2021). Analisis Faktor yang berhubungan dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Kabupaten Oku Timur. Skripsi PSKM Bina Husada: Tidak diterbitkan.

Ihsan, T., Hamidi, S. A., & Putri, F. A. (2020)'Penilaian Risiko dengan Metode HIRADC Pada Pekerjaan Konstruksi Gedung Kebudayaan Sumatera Barat', Jurnal Civronlit Unbari,5(2), pp. 67.

Mafra, R., Riduan, R., & Zulfikri, Z. (2021)'Analisis Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Peserta Pelatihan Keterampilan Tukang dan Pekerja Konstruksi', Arsir, 5(1), pp. 48-63.

Mafra, R., Riduan, R., & Zulfikri, Z. (2021). Analisis Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Peserta Pelatihan Keterampilan Tukang dan Pekerja Konstruksi. Arsir, 5(1), 48-63.

Mustofa, M., Nusrandah, A., & Haqi, D. N. (2019) 'Analisis Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Pembesian dan Pengecoran Kolom dan Girder di PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk', Agregat, 4(2), pp. 13.

Pamelia, I. (2019) ‘Description of Factors That Influence NonCompliance of Ppe Usage At Gas Station ‘X‘ in Surabaya’, Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, 3(2), p. 120.

Putri SA, Widjanarko B, Shaluhiyah Z. Faktor-Fakto Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepatuhan Perawat Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Di Rsup Dr. Kariadi Semarang (Studi Kasus Di Instalasi Rawat Inap Merak). J Kesehat Masy. 2018;6(1):800–8.

Rahmawati, E., Romdhona, N., Andriyani, A., & Fauziah, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Konstruksi Di PT. Abadi Prima Intikarya Proyek The Canary Apartment Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 3(1), 75-88.

Saragih, S. R. U. (2018) Hubungan Karakteristik Individu dengan Kepatuhan Pemakaian Alat Pelindung Diri pada Tenaga Kerja Bagian Pengolahan

Sukatno D.E., Daryanto, E., Rifai, A. (2021). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Karyawan PT. Wijaya Karya Beton, Tbk Sumatera Utara. Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja Universitas Halu Oleo, 2(2).

SYEKURA, A. (2020). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Pekerja Di Galangan Kapal Samarinda.

Wahyudi, Wahyudi. "LiteratureiStudy: Efficacious Indonesian Herbs for Lowering Cholesterol Leivels." JOPS (Journal Of Pharmacy and Science) 5.2 (2022): 36-45.

Published

2024-06-14

How to Cite

Arini salsabila hasibuan, & Susilawati. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kepatuhan Penggunaan Alat pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Konstruksi : Studi Literatur . Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 378–382. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.551

Issue

Section

Articles

Categories