Pengaruh Edukasi Nutrisi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pengelolaan Diet Nutrisi Pasien Chronic Kidney Disiase Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUD UNDATA Provinsi Sulawesi Tengah

Authors

  • Intan Angelina Dombo Universitas Widya Nusantara
  • Djuwartini Universitas Widya Nusantara
  • Yulta Kadang Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.57

Keywords:

Edukasi nutrisi, pengetahuan

Abstract

Salah satu terapi terhadap penderita gagal ginjal kronik yaitu hemodialisis. Hemodialisis bertujuan untuk mengeliminasi sisa-sisa produk metabolisme atau protein didalam tubuh. Tindakan ini juga dapat menyebabkan komplikasi, diantaranya yaitu mempengaruhi status gizi pasien. Beberapa pasien mengalami kesulitan dalam pengelolaan asupan nutrisi, namun mereka tidak mendapatkan pemahaman tentang bagaimana strategi yang dapat membantu dalam pengelolaan diet nutrisi sehingga strategi yang perlu dilakukan adalah pemberian edukasi nutrisi pada pasien hemodialisa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh edukasi nutrisi terhadap tingkat pengetahuan pengelolaan diet nutrisi pasien chronic kidney disease yang menjalani hemodialisa di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain Pre-experimen yang menggunakan rancangan One Grop Pre Test and Post Test Design. Sampel penelitian berjumlah 18 responden yang diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang di analisis dengan uji non-parametric wilcoxon  diperoleh nilai p=0,000 (p ≤ 0,05). Menunjukkan bahwa ada pengaruh edukasi nutrisi terhadap tingkat pengetahuan pengelolaan diet nutrisi pasien chronic kidney disease yang menjalani hemodialisa di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Diharapkan penelitian ini bisa menjadi sumber informasi dalam meningkatkan upaya pelayanan kesehatan dengan melakukan pemberian edukasi nutrisi, khususnya pada pasien hemodialisa.

References

Ar-Rasily,O.K dan Dewi,P.K. 2016. ‘Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Kelainan Genetik Penyebab Disabilitas Intelektual Di Kota Semarang’. Jurnal Kedokteran Diponegoro, Volume 5, Nomor 4.

Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Dinkes Kota Palu (2022) Profil Kesehatan Kota Palu 2022. Dinas Kesehatan Kota Palu.

Ezdhan, A.U.A. et al. (2023) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Booklet Diet Hemodialisa (BookET Lisa) Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pasien Hemodialisa di RSUD dr. RM. Pratomo Bagansiapiapi’, Jurnal Kesehatan Holistic, 7(1), pp. 43–51. Available at: https://doi.org/10.33377/jkh.v7i1.152.

Irma, R., Wahyuningsih, S., & Sake, R. (2018). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuan, Sikap Penyandang Diabetes Mellitus di Poliklinik Interna RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara. Ilmu Gizi Indonesia, 01(01), 40–48.

PAHO. (2021). Burden of Kidney Diseases in the Region of the Americas, 2000- 2019. Pan American Health Organization.

Rahayu, F., Ramlis, R. & Fernando, T. Hubungan Frekuensi Hemodialisis Dengan Tingkat Stres Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis. J. Keperawatan Silampari. Vol.1. (2018).

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WHO, RI KK. Situasi Penyakit Gagal Ginjal Kronik di Indonesia. 2018;(November):1–18.

WIJAYANTI, D., Dinarwiyata, D. and Tumini, T. (2018) ‘Self Care Management Pasien Hemodialisa Ditinjau Dari Dukungan Keluarga Di Rsud Dr.Soetomo Surabaya’, Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), p. 109. Available at: https://doi.org/10.32831/jik.v6i2.162.

Yuniardi, A.P., Isro’in, L. and Maghfirah, S. (2020) ‘Studi Literatur: Edukasi Nutrisi Metode Konseling Intensif Dengan Follow Up Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Masalah Keperawatan Defisit Nutrisi’, Health SciencesJournal, 4(2),p.1.Availableat:https://doi.org/10.24269/hsj.v4i2.507

Published

2023-09-18

How to Cite

Intan Angelina Dombo, Djuwartini, & Yulta Kadang. (2023). Pengaruh Edukasi Nutrisi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pengelolaan Diet Nutrisi Pasien Chronic Kidney Disiase Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUD UNDATA Provinsi Sulawesi Tengah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 109–114. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.57

Issue

Section

Articles

Categories