Analisis Kepatuhan Pekerja Konstruksi Pada Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)

Authors

  • Amanda Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Susilawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.583

Keywords:

APD

Abstract

Alat pelindung diri (APD) merupakan bagian dari pencegahan kecelakaan di tempat kerja. APD adalah alat yang pekerja gunakan untuk melindungi dirinya dari risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Meskipun APD merupakan langkah terakhir dalam pengendalian dan pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja setelah penerapan tindakan penanggulangan administratif dan teknis, namun potensi penerapannya masih besar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka atau analisis literatur. Dimana metode ini melibatkan pencarian, seleksi, dan evaluasi dari beberapa artikel dan jurnal yang telah dipublikasikan dalam lima tahun terakhir ini. Yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang topik yang diangkat yang mana untuk memberikan dasar teoritis penelitian yang lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepatuhan pekerja konstruksi pada penggunaan alat pelindung diri (APD). Kepatuhan terhadap penggunaan alat pelindung diri termasuk faktor yang membantu mengurangi kecelakaan di tempat kerja. Kecelakaan di tempat kerja terjadi karena kurangnya penyediaan alat pelindung diri (APD) serta kesadaran pekerja mengenai penggunaan APD yang baik menurut standar yang telah ditetapkan dan kurangnya pengetahuan. Penggunaan alat pelindung diri pada industri dimaksudkan untuk menghadirkan tenaga kerja yang produktif dan sehat. Namun menurut pekerja, hal ini tidak menjamin tidak akan terjadi kecelakaan kerja. APD merupakan bagian dari serangkaian tindakan keselamatan untuk meminimalkan dampak risiko kecelakaan kerja.

References

Annisa, Rizka, Hengki Frengki Manullang, and Yessi Octavia Simanjuntak. 2020. “Determinan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja PT. X Proyek Pembangunan Tahun 2019.” Jurnal Penelitian Kesmasy 2 (2): 25–39.

Devianti, Iin Cahyo, Irfany Rupiwardani, and Beni Hari Susanto. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Konstruksi Di PT ”X”.” Banua: Jurnal Kesehatan Lingkungan 2 (2): 50–58.

Edy Ariyanto. 2023. “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Di PT. Bima Trisakti Kota Banjarmasin.” Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) 6 (4): 714–19..

Fenelia, Nabila, and Chahya Kharin Herbawani. 2022. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Konstruksi : Kajian Literatur.” PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat 6 (1): 221–30.

Handayani, E.E, D Nastiti, A. Rahman, and S.N. Ramdaniati. 2022. “Hubungan Usia, Pengetahuan Dan Masa Kerja Terhadap Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Pembangunan Jalan Kecamatan Banjar Oleh CV. Adik Karya Konsultan.” J-MedSains 2 (2): 113–23.

Helmianto, Agung, and Akas Yekti Pulih Asih. 2023. “Literature Review: Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Proyek Konstruksi Gedung Bertingkat.” Jurnal Sosial Teknologi 3 (1): 34–43.

Iskandar, Azzahra, Prodi Kesehatan, Masyarakat Fakultas, Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku, and Umar Aceh. 2022. “ANALISIS PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI ( APD ) PADA TENAGA KERJA ( MANPOWER ) AREA ASH SILO PT PLN ( PERSERO ) UPK NAGAN RAYA,” 220–31.

Kepatuhan, Terhadap, Pemakaian Apd, and Pekerja Pt. 2020. “Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh ( MaKMA )” 3 (1): 21–30.

Mafra, Ramadisu, Riduan Riduan, and Zulfikri Zulfikri. 2021. “Analisis Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Peserta Pelatihan Keterampilan Tukang Dan Pekerja Konstruksi.” Arsir 5 (1): 48.

Naiem, Furqaan, Yahya Thamrin, Lalu Muhammad Saleh, Indra Dwinata, Fajaruddin Natsir, and Nurul Muflisha. 2019. “Hubungan Motivasi Dan Ketersediaan Apd Terhadap Perilaku Penggunaan Apd Pada Sebuah Perusahaan Jasa Konstruksi Telekomunikasi.” Jkmm 2 (1): 1–6.

ÖCAL, Sema. 2021. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title” 3 (2): 6.

Sulistyaningtyas, Nunik. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Akibat Kerja Pada Pekerja Konstruksi: Literature Review.” Journal of Health Quality Development 1 (1): 51–59.

Published

2024-06-20

How to Cite

Amanda Aulia, & Susilawati. (2024). Analisis Kepatuhan Pekerja Konstruksi Pada Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 513–516. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.583

Issue

Section

Kesehatan

Categories