Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kepuasan Layanan Pelanggan Di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta: Optimalisasi Penerapan Standard Operating Procedure Dan Pembaharuan Pada Fasilitas Pendukung Operasional Petugas Aviation Security

Authors

  • Mochammad Azwar Anas Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Alza Aliwan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Hemi Pamuraharjo Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Dwi Afriyanto Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.724

Keywords:

Aviation Security

Abstract

Riset terdahulu atau riset yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variabel. Artikel ini mereview faktor-faktor yang mempengaruhi Peningkatan Kepuasan Layanan Pelanggan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, yaitu Optimalisasi Penerapan Standar Operating Prosedur dan Pembaharuan pada fasilitas pendukung operasional pada Petugas Aviation Security suatu studi literatur Aviation Security. Tujuan penulisan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Hasil artikel literature review ini adalah:  1) Optimalisasi Penerapan Standard Operating Procedure pada Petugas Aviation Security  berpengaruh terhadap Peningkatan Kepuasan Layanan Pelanggan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta; dan 2) Pembaharuan pada fasilitas pendukung operasional Petugas Aviation Security berpengaruh terhadap Peningkatan Kepuasan Layanan Pelanggan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

References

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Chaniago, M. R., & Prakosawati, E. E. (2023). Peran Aviation Security dalam Pelayanan Pemeriksaan Penumpang dan Bagasi di Screening Check Point pada Masa Pandemi Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 16-23.

Damayanti, S. F., & Tamara, A. P. (2024). Analisis Kesiapan Fasilitas dan Personel Unit Aviation Security di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali Dalam Rangka Pembukaan Kembali Rute Internasional. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 652-670.

Daud, M. C. N. (2022). Analisis Pengawasan Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Oleh Unit Aviation Security Di Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman Ende. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(3), 102-107.

Fakhrudin, A. (2021). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Mempengaruhi Kepuasan Konsumen di Bandar Udara Notohadi Negoro Jember. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 10(1), 97-107.

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., ... & Arisah, N. (2023). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Tahta Media.

Ismanto, W., & Munzir, T. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Jurnal Dimensi, 9(3), 536-548.

Karwayu, Y. P. (2023). Kinerja Petugas Aviation Security (AVSEC) Terkait Prosedur Pemeriksaan Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru Di Bandar Udara Lede Kalumbang Sumba Barat Daya. Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(3), 77-84.

Lubis, U. S. A., & Bunahri, R. R. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan pada Bandar Udara: Faktor Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Faktor Keamanan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 4(1), 571-577.

Maharani, N. S., & Haryati, E. S. (2023). Efektivitas Petugas Unit Aviation Security (Avsec) Terhadap Keamanan di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 7-15.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal ilmu manajemen terapan, 3(1), 104-114.

Sholiha, M. S. (2022). Analisis Kondisi Peralatan Unit Kerja Aviation Security Dalam Menunjang Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Di Security Check Point 1 Dan 2 Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(3), 139-147.

Sutarwati, N. I. S. (2022). Analisis Kinerja Petugas Aviation Security dalam Pemeriksaan Barang Berbahaya di Security Check Piont 1 Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3).

Ulfa, R. (2022). Implementasi Standar Operasional Prosedur Oleh Petugas Aviation Security (Avsec) Guna Pengoptimalan Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Nusawiru Pangandaran Jawa Barat. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(2), 287-291.

Widagdo, D. (2019). Analisa Kualitas Pelayanan Keamanan Petugas Aviation Security (Avsec) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Optimal, 16(2), 35-45.

Published

2024-07-11

How to Cite

Mochammad Azwar Anas, Alza Aliwan, Hemi Pamuraharjo, & Dwi Afriyanto. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kepuasan Layanan Pelanggan Di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta: Optimalisasi Penerapan Standard Operating Procedure Dan Pembaharuan Pada Fasilitas Pendukung Operasional Petugas Aviation Security. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 245–250. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.724

Issue

Section

Articles

Categories