Desain UI Dan UX Aplikasi Penjualan Kosmetik Menggunakan Metode Design Thinking
Main Article Content
Perkembangan di era teknologi globalisasi yang sangat cepat membawa banyak manfaat di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang penjualan produk kosmetik. MsGlow Skincare Yuka Beauty memiliki potensi mengikuti perbisnisan secara online dengan memiliki produk kecantikan original. Untuk mendukung potensi tersebut maka dibutuhkan suatu aplikasi, tetapi sebelum membuat sebuah aplikasi membutuhkan perancangan user interface dari aplikasi penjualan kosmetik. Dalam merancang user interface dari aplikasi penjualan kosmetik ini menggunkan metode design thinking. Setelah melakukan perancangan ini hasil prototype diuji menggunakan pengujian kegunaan atau usability dengan metode Use Questionnaire. Dalam metode Use Questionnaire mempunyai aspek-aspek seperti Usefulness, Ease Of Learning, Ease Of Use dan Satisfaction. Dalam pengujian usability ini melakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak 30 butir pernyataan kepada 20 orang evaluator dan menggunakan 5 point skala penilaian untuk mendapatkan data. Dari pengujian usability ini mendapatkan nilai 87% dari aspek kegunaan (usefulness), 84% dari aspek kemudahan penggunaan (ease of use), 89% pada aspek kemudahan dalam mempelajari (ease of learning), dan 85 % dari aspek kepuasan pengguna (satisfaction).
Al Bahri, M. I. F., Anuaridlo, M. A. Y., Indrawan, D. R., & Wibisono, R. M. (2023). Analisis Usability Testing Pada Website Halo MasBup Kediri. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(2), 832–840.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://books.google.co.id/books?id=w3sGEAAAQBAJ
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Firmansyah, M. T., Fauzi, R., Fajar, S., & Gumilang, S. (2020). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MOBILE APPLICATION SIBENGKEL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PENGGUNA DENGAN METODE USER-CENTERED DESIGN (UCD). e-Proceeding of Engineering, 7(2).
Karaman, J., Gunawan, P. M., Firdhossiah, S., Fitriani, L. M. M., Sucipto, S., & Indriati, R. (2024). Rancang Bangun Sistem Absensi Berbasis Website di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo. Explorer, 4(1), 1–15.
Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi. https://doi.org/https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51
Lestari, A. K., Dewi, C. A., Giandaka, D. S. D. F. P., & Alja, F. M. (2023). Implementasi Usability Testing Pada Website RS Baptis Kediri Dengan Use Questionnaire. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(1), 220–228.
Lukman, A. M., & Aryanto, D. (2019). APLIKASI EDUKASI EKOSISTEM PENGENALAN DUNIA HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. Jurnal Sains dan Manajemen, 7(2).
Nugroho, W. R., Andriyanto, T., & Indriati, R. (2022). Sistem Informasi Izin Online Berbasis Jaringan Menggunakan Kerangka Codeigniter. Jurnal Generasi, 6(2).
Putri, R., Widya, R., & Yusman, Y. (2023). PROTOTYPE SISTEM INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN FIGMA. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(2), 540–551. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.246
Santoso, A. M., Sucipto, S., Istiqlaliyah, H., Ristyawan, A., Indriati, R., Afandi, Z., Sulistiono, S., Forijati, R. R., Firliana, R., & Primandiri, P. R. (2022). Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–29.
Wicak, A., Sari Wardani, A., & Najibulloh Muzaki, M. (2023). Desain UI/UX Aplikasi Konter Handphone Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking. JURNAL INFORMATIK Edisi ke-19.
Wulandari, K., & Voutama, A. (2023). Perancangan UI Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 6(2). https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index