Pengaruh Senam Aerobic Low Impact Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Pantai Jompo Yayasan Alkautsar

Authors

  • Nadia Universitas Widya Nusantara
  • Ade Sulistyawati Universitas Widya Nusantara
  • Sintong H. Hutabarat Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.78

Keywords:

senam, Kualitas Tidur, Lansia

Abstract

Lansia pada Panti Jompo Alkautsar yang mana  semuanya mengalami masalah pada kualitas tidur, lansia dengan gangguan sulit tidur didapatkan waktu respon melamban, yang mana hal ini merupakan aspek yang penting karena dapat mempengaruhi kemampuan berkendara dan meningkatkan resiko jatuh pada lansia. Tujuan penelitian diketahuinya Pengaruh Senam Aerobic Low Impact terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia di Panti Jompo Yayasan Alkautsar.  Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan metode non equivalent control group design dengan cara satu kelompok untuk eksperimen yaitu yang diberikan tindakan senam aerobic dan kelompok kontrol yaitu yang tidak diberikan senam aerobic. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia  di Panti Jompo Yayasan Alkautsar dan lansia binaan yang berjumlah 199 orang, sampel 43 orang. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil Penelitian  sebelum diberikan Senam Aerobic Low Impact pada lansia sebagian besar kualitas tidur ditemukan sedang, setelah diberikan Senam Aerobic Low Impact ditemukan sebagian besar lansia dengan kualitas tidur baik. uji uji Independent T Test dengan nilai p value 0,000 (p value < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan kualitas tidur pada lansia sebelum dan setelah diberi  Senam Aerobic Low Impact  di Panti Jompo Yayasan Alkautsar. Simpulan Ada Pengaruh Senam Aerobic Low Impact Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia di Panti Jompo Yayasan Alkautsar. Saran untuk pihak Puskesmas sebagai pengembang Posyandu, penulis berharap program senam aerobik / senam lansia terus dilakukan secara rutin di Posyandu sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas hidup lansia Untuk penelitian selanjutnya.

References

Hasibuan, R. K., & Hasna, J. A. (2021). Gambaran Kualitas Tidur pada Lansia dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17(2), 187–195.

Marthen Kause, Pengaruh Senam Aerobic Low Impact Terhada Kualitas Tidur Lansia Tahun 2017di Posyandu Lansia GMIT Anugerah Kota Kupang.

Meilirianta,Senam Lansia Terhadap Kualitas Tidur Lansia di PSTW Senjarawi Bandung 2017. Geriatric Gymnastic to Quality of Sleep in PTSW Senjarawi Bandung.

Nugraheny, R., & Hardini, K. F. (2017). Pengabdian Masyarakat “Penyuluhan Lansia Sehat Dan Mandiri” Dan “Senam Lansia Untuk Mencegah Low Back Pain.” Pengabdian Masyarakat, 42– 46 https://prosidingonline. iik.ac.id/ index.php/seni as/article/view/34

Videla Komalasari. Pengaruh Senam aerobic low impact terhadap peningkatan kualitas tidur pada lansia Tahun 2022 Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia I.

Word health Organization (WHO). 2020. Senam Aerobic https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/ Senam Aerobic.

Published

2023-09-24

How to Cite

Nadia, Ade Sulistyawati, & Sintong H. Hutabarat. (2023). Pengaruh Senam Aerobic Low Impact Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Pantai Jompo Yayasan Alkautsar. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 234–239. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.78

Issue

Section

Articles

Categories