Hubungan Moral Distress Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Di UPTD Puskesmas Kamonji Palu

Authors

  • Sri Auliannisa Universitas Widya Nusantara
  • Viere Allanled Siauta Universitas Widya Nusantara
  • Elin Hidayat Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.80

Keywords:

Kinerja, Moral distress

Abstract

Moral distress bersifat menyebar yang dapat mengarah ke sejumlah konsekuensi dan dapat membahayakan perawat, mengurangi kualitas perawatan klien dan berkontribusi terhadap menurunnya jumlah tenaga kesehatan. Hasil observasi dan wawancara terhadap 7 petugas kesehatan didapatkan bahwa dalam melakukan aktivitas kerja sehari-hari, hasil yang didapatkan belum optimal serta terjadi penurunan disiplin karyawan masih dirasakan. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pekerjaan yang dibebankan kepada petugas kesehatan dan penempatan tempat kerja yang tidak sesuai dengan kompetensi petugas. Kurangnya disiplin pegawai seperti tidak tepat waktu dengan jam kerja, jam masuk, jam pulang dan apel pegawai.Tujuan penelian ini adalah diketahuinya hubungan moral distress terhadap kinerja tenaga kesehatan di UPTD Puskesmas Kamonji. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif  dengan pendekatan analitik menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan tenaga kesehatan yang bekerja di UPTD Puskesmas Kamonji sebanyak 84 orang. Sampel berjumlah 46 orang, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian dari 46 responden moral distress tenaga kesehatan yang tinggi sebanyak 22 responden (47,8%) dan moral distress tenaga kesehatan rendah sebanyak 24 responden (52,2%). Kinerja baik sebanyak 28 responden (60,9%) dan kurang baik sebanyak 18 responden (39,1%), uji Chi-Square p value: 0,005 (p value ≤ 0,05). Simpulan ada hubungan moral distress terhadap kinerja tenaga kesehatan di UPTD Puskesmas Kamonji.

References

Amin, M., Arafat, R., Irwan, A.M., 2021. Kunci, K., n.d. Faktor Yang Mempengaruhi Moral Distress Pada Perawat: A Literature Review Factors Affecting Moral Distress in Nurses: A Literature Review.

Ariga, 2020. Implementasi Manajemen pelayanan Kesehatan Dalam. Keperawatan. Deepublish, Yogyakarta.

Az-Zahroh, 2020. Manajemen Keselamatan Pasien. Deepublish, Yogyakarta.

Fourie, 2020. Moral distress and moral conflict in clinical ethics. Bioethics 29, 91–97.

Grady, C., Ulrich C.M., 2018. Moral Distress in the Health Professions. Spinger International Publishing. USA

Jansen, D. dan H., 2021. Nurs Ethics 27, 1315–1326.

Nursalam, 2021. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, tesis, Dan Intrumen penelitian Keperawatan. Salemba Medika, Jakarta.

Ryandini & Nurhadi, 2021. The Influence Of Motivation And Workload On Employee Performance In Hospital. Jurnal INJEC 5, 8–14.

Sitepu, S.D.E.U, 2019. Pengaruh Moral Distress dan Work Engangement Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang Lubuk Pakam. Tesis. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara, Deli Serdang.

Suriana, 2020. Analisis Kinerja Perawat (Studi Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban Provinsi Kepulauan Riau). Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang.

Widjasena, 2020. Construction Project Cost Management. PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Published

2023-09-25

How to Cite

Sri Auliannisa, Viere Allanled Siauta, & Elin Hidayat. (2023). Hubungan Moral Distress Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Di UPTD Puskesmas Kamonji Palu. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 245–249. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.80

Issue

Section

Articles

Categories