Hubungan Respon Time Perawat Terhadap Compalint Handling Di Ruang IGD RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah

Authors

  • Sela Norisa Universitas Widya Nusantara
  • Surianto Universitas Widya Nusantara
  • Elin Hidayat Universitas Widya Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.82

Keywords:

Respon Time, Complaint handling

Abstract

Respon time perawat sangat mempengaruhi mutu pelayanan keperawatan, waktu tanggap yang baik apabila memiliki respontime kurang dari 5 menit, Complaint handling dapat mempengaruhi kepuasan dan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan, complaint handling dapat ketahui dengan bagaimana cara menangani keluhan dari pasien.  Tujuan penelitian ini teranalisisnya Hubungan Respon Time Perawat  terhadap Complaint handling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1016 orang Tahun 2023. Sampel berjumlah 87 orang.  Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian Respon time tepat waktu berjumlah 60 orang (69%),  Complain handling puas berjumlah 56 orang (64,4%) hasil Uji Wilcoxon Ada Hubungan Respon Time Perawat  terhadap Complaint handling di Ruang IGD  RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Simpulan Ada Hubungan Respon Time Perawat  terhadap Complaint handling di Ruang IGD  RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Saran diharapkan dengan diketahuinya faktor yang mempengaruhi Complain handling kepuasan pasien diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi rumah sakit untuk menyusun kebijakan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan dalam hal daya tanggap dan empati petugas dalam melayani pasien yang datang.

References

Hadi Suweko. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap : Literatur Review. Bambang Edi Warsito / Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.10 No.1 (2019) 243-247.

Haryatun N, Sudarmono A. 2018. Perbedaan waktu tanggap tindakan keperawatan pasien cedera kepala kategori I-V di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Moewardi. Berita Ilmu Keperawatan. 1(2): 69-74.

Haryatun, Nunuk dan Sudaryanto. 2018. Perbedaan Waktu Tanggap Tindakan Keperawatan Pasien Cedera Kepala Kategori I-V Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Moewardi. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan.

Junita Maratur S, Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Respon Time Perawat Pada Pasien Suspek Covid 19 di IGD Rumah Sakit Hermina Jatinegara. 2021 Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik (JIKA) Vol.4 No.1. Joint Commission. 11 Tenets of a Safety Culture. 2017. The Joint Commission, (57), 57.

Kurniana. Analisis kepuasan pasien di Rumah Sakit Swasta. 2018. Program Pascasrjana Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Ilmu Administrasi Kekhususan Administrasi dan Kebijakan Bisnis.

Imu J, Diponegoro U, Kusuma EW (2020) Rumah Sakit Umum Daerah. Soewondo Pati merupakan rumah sakit yang juga bertujuan mendapatkan keuntungan.

Laili Mufidah. 2019. Hubungan Respone Time perawat dengan Complaint Handling (penanganan keluhan) dalam pelayanan keperawatan di Ruang Dahlia RSUD Jombang.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2017. Bandung : Alfabeta

Published

2023-09-25

How to Cite

Sela Norisa, Surianto, & Elin Hidayat. (2023). Hubungan Respon Time Perawat Terhadap Compalint Handling Di Ruang IGD RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 255–259. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.82

Issue

Section

Articles

Categories