Dampak Pasca Tsunami Dan Upaya Mitigasinya Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye

Authors

  • Ni’maturrosidah Universotas Teknologi Yogyakarta
  • Eva Dwi Kurniawan Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i1.122

Keywords:

Bencana, Tsunami, Mitigasi, Dampak

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki kerawanan terhadap bencana alam. Salah satunya adalah rawan bencana tsunami. Tsunami merupakan rangkaian gelombang laut dengan periode panjang yang ditimbulkan oleh gangguan impulsive dari dasar laut (Kurniawan, Yunus, Amri, & Pramudiarta, 2011:5). Bencana tsunami merupakan bencana yang sangat dahsyat dan mematikan. Mengingat dampak yang ditimbulkannya sangat serius dan menimbulkan kerugian yang besar. Salah satu bencana tsunami yang pernah terjadi di Indonesia dan menggemparkan satu Indonesia bahkan beberapa negara lain adalah tsunami di Nangroe Aceh Darussalam yang terjadi pada tahun 2004. Kedahsyatan tsunami Aceh, membuat peristiwa ini diabadikan dalam karya sastra novel yang berjudul “Hafalan Shalat Delisa” yang ditulis oleh Tere Liye. Dalam novel ini diceritakan bagaimana tsunami menerjang Kota Lhok Nga dan dampak yang ditimbulkannya. Dampak yang ditimbulkan yaitu berupa kematian dan cedera; hilangnya pasokan makanan, bahan bakar, dan barang; hilangnya komunikasi; kehilangan kekuatan; hilangnya pelayanan air; hilangnya layanan sosial berupa keuangan, perawatan, dan medis; kerugian bisnis; dan hilangnya struktur sosial dan fungsinya. Dalam penelitian ini akan dikaji dampak-dampak tersebut dalam novel “Hafalan Shalat Delisa”. Dengan harapan kedepannya masyarakat dan pemerintah dapat sadar akan pentingnya mitigasi bencana dan dapat meminimalisir dampak yang terjadi.

References

Arsyam, M. (2020). Manajemen Pendidikan Islam. Diktat Bahan Ajar, 2.

BPS. (2007). Aceh Dalam Angka 2006. Nanggroe Aceh Darussalam: BPS Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam & BAPPEDA Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Davies , T., & Davies, A. (2018). Increasing communities' resilience to disasters: An impact-based approach. International Journal of Disaster Risk Reduction.

Fahlia, Irawan, E., & Tasmin, R. (2019). Analisis Dampah Perubahan Perilaku Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Mapin Rea Pasca Bencana Gempa Bumi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Fauzi, M., & Mussadun. (2020). Dampak Bencana Gempabumi dan Tsunami Di Kawasan Pesisir Lereng Kota Palu. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota.

Hartini, N. (2009). Bencana Tsunami dan Stres Pasca-Trauma pada Anak. Universitas Airlangga.

Kurniawan, L., Yunus, R., Amri, M. R., & Pramudiarta, N. (2011). Indeks Rawan Bencana Indonesia. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Kusmanto, T. Y., & Elizabeth, M. Z. (2018). Struktur dan Sistem Sosial pada Aras Wacana dan Praksis. Jurnal Sosiologi Walisongo.

Liye, T. (2008). Hafalan Shalat Delisa. Jakarta: Rebublika.

Marwanta, B. (2005). Tsunami di Indonesia dan Upaya Mitigasinya. Alami, 36.

Nur, A. M. (2010). Gempa Bumi, Tsunami dan Mitigasinya. Jurnal Geografi.

Rahayu, F. M. (2023). Seri Fenomena Alam dan Mitigasi Tsunami. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Sudirman, A., & Haryanto, N. N. (2018). Upaya Disaster Diplomacy Pemerintah Indonesia di Konflik Aceh 2005. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 269.

Zaiyana, D., & Buchori, I. (2014). Kajian Kembali Terhadap Risiko Tsunami di Kota Banda Aceh. Jurnal Teknik PWK.

Published

2024-01-06

How to Cite

Ni’maturrosidah, & Eva Dwi Kurniawan. (2024). Dampak Pasca Tsunami Dan Upaya Mitigasinya Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye . Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 1849–155. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i1.122

Issue

Section

Articles

Categories