Tradisi Berbalas Kunjong Hari Raya Lebaran Masyarakat Melayu Kelurahan Bangka Belitung Darat Kota Pontianak

Authors

  • Nur Atikah Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.36

Keywords:

Berbalas , Kunjong, Lebaran, Melayu, Pontianak

Abstract

Indonesia memiliki berbagai macam ragam tradisi. Hal ini ditandai dengan setiap daerah mempunyai perbedaan dan keunikannya tersendiri. Misalnya pada Hari Raya Lebaran, setiap daerah berbeda dalam memeriahkannya. Salah satunya di kota Pontianak, yang terdapat suatu tradisi yang saat masih ini dilakukan yakni tradisi berbalas kunjong/kunjung. Adapun perbedaan lebaran khususnya di Pontianak berbeda dengan daerah lainnya yakni lebarannya lebih lama waktunya dan bisa sampai sebulan lamanya. Penelitian ini lebih memfokuskan kepada berbalas kunjung pada keluarga. Sebelum Kota Pontianak menerapkan sistem PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di masa pandemi Covid, maka sebagian dari masyarakat masih melaksanakan kegiatan berbalas kunjung sebagaimana mestinya. Adapun hasil penelitian ini yaitu tradisi berbalas kunjung merupakan suatu tradisi (kebiasaan) dengan kunjung dan mengunjungi. Prosesi pada tradisi ini yaitu berkunjung kerumah, sungkeman, mendengarkan tausiah, menikmati hidangan, dan salam tempel. Terdapat nilai budaya dalam prosesi yaitu nilai kebersamaan dan keberagaman. Sedangkan Nilai Islam dalam prosesi yaitu Silaturahmi dan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Kemudian, Nilai Pendidikan dalam prosesi yakni menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda. Pada Eksitensi budaya tradisi berbalas kunjung tetap dilaksanakan sampai kapan pun karena sudah menjadi rutinitas lebaran oleh Masyarakat Kota Pontianak.

References

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid. (2010). Prophetic Parenting: Cara Nabi Muhammad SAW Mendidik Anak Terjemahan Oleh Farid Abdul Aziz Qurusy. Yogyakarta: Pro-U Media.

Sayyid Ahmad Reza. (2015). Mengundang CintaNya, Menghalau MurkaNya. Yogyakarta: Sabil.

Syaikh Jamal Abdurahman. (2010). Islamic Parenting: Pendidikan Anak Metode Nabi Terjemahan oleh Agus Suwandi. Solo: Aqwam.

Syamsul Kurniawan. (2015). Tradisi dan Kepercayaan Umat Islam di Kalimantan Barat. Yogyakarta: Samudera Biru.

Zaprulkhan. (2017). Islam yang Santun dan Ramah, Toleran, dan Menyejukkan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Abdul Khakim & Miftakhul Munir. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Pada Novel Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy. Jurnal Al-Murrabbi. Volome 3. Nomor 1. Tahun 2017.

Anton & Marwati. Ungkapan Tradisional dalam Upacara Adat Perkawaninan Masyarakat Bajo Pulau Balu Kabupaten Muna Barat. Jurnal Humanika. Nomor 15. Volume 3. Tahun 2015.

Akhirudin. Urgensi Keteladanan Dalama KeluargaL Sebuah Refleksi Dakwah Rasulullah Pada Keluarganya, Jurnal Kordinat. Volome XVI. Nomor 2. Tahun 2017.

Intan Utami dan Dodi Ertanto, Tradisi Ramadhan dan Lebaran Di Tengah Covid-19. Jurnal An-Nizom. Volume 5. Nomor 2. Tahun 2020.

Istianah. Silaturahmi Sebagai Upaya Menyambungkan Tali Yang Terputus. Jurnal Studi Hadis. Volome 2. Nomor 2. Tahun 2016.

Ibrahim Bafadhol. Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 6. Nomor 12. Tahun 2017.

Katolani. Ibadah Ritual Dalam Menanamkan Akhlak Remaja. Jurnal Inject. Volume 1. Nomor 2. Tahun 2016.

Mudhofathul Afifah, Pendidikan Akhlak Masyrakat Perspektif Hadis, Jurnal Islam dan Kemasyarakatan, Volome 2. Nomor 2. Tahun 2018.

Muhammad Asyura. Budaya Kemponan Pada Masyarakat Melayu Pontianak: (Kajian Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sosial Etnik Melayu. Jurnal Sejarah dan Budaya. Volume 3. Nomor 1. Tahun 2019.

Ainun Jamilah, Air Serbat Sajian Pedas Manis Untuk Mengusir Tamu Yang Datang, Good News From Indonesia, diakses tanggal 14 Juni 2021, https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/09/30/air-serbat-air-pengusir-bagi-tamu-yang-datang

Kamus KBBI Online, https://kbbi.web.id/sungkem

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Versi Online, https://kbbi.web.id/kunjung

Kompasiana, diakses pada Senin 14 Juni 2021 https://www.kompasiana.com/kaekaha.4277/5b4d7cb3d1962e7dd74a0f36/derby-papadaan-barito-putera-terpeleset-di-stadion-segiri-samarinda

Ramlan, Wawancara Pribadi, Pada Tanggal 13 Mei 2021.

Nurhayati, Wawancara Pribadi, Pada Tanggal 10 Mei 2021.

Published

2023-09-01

How to Cite

Nur Atikah, & Ridwan. (2023). Tradisi Berbalas Kunjong Hari Raya Lebaran Masyarakat Melayu Kelurahan Bangka Belitung Darat Kota Pontianak. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i3.36