Analisis Kesiapsiagaan di Rumah Sakit Dalam Menghadapi Bencana

Authors

  • Sophie Zafira Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Syavira Desputri Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Amanda Aulia Universitas Negeri Sumatera Utara
  • Abdurrozzaq Hasibuan Universitas Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i5.468

Keywords:

Bencana, Kesiapsiagaan, Rumah Sakit

Abstract

Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan yang dibutuhkan saat situasi bencana. Rumah sakit bertujuan sebagai sumber utama untuk melakukan triase, penyedia layanan medis, evakuasi, dan penanganan terhadap para korban bencana. Secara tertulis kesiapsiagaan rumah sakit dalam merespons bencana dituangkan dalam garis besar dan pemahaman umum tertuang dalam Hospital Disaster Plan (HDP). Dokumen yang memuat pedoman khusus pengorganisasian sumber daya manusia, logistik, dan strategi yang akan dilaksanakan jika terjadi bencana di lingkungan rumah sakit biasanya disebut dengan Hospital Disaster Plan (HDP). Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka atau kajian literatur. Metode ini melibatkan pengumpulan, evaluasi, dan sintesis dari penelitian-penelitian yang telah dipublikasikan dari lima tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapsiagaan rumah sakit dalam menghadapi bencana, termasuk dalam hal pengelolaan data keuangan, perkiraan biaya, dan penghematan biaya terkait dengan manajemen bencana. Rumah sakit tidak siap menangani bencana karena tidak mempunyai pedoman dasar bagaimana menangani permasalahan yang timbul akibat bencana. Seluruh rumah sakit harus memiliki Panduan Rencana Kesiapsiagaan Bencana Rumah Sakit (Hospital Disaster Plan) sebagai katalis dan dorongan yang kuat bagi rumah sakit untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana dalam kerangka dan pemahaman yang sama. Jenis bencana yang mungkin terjadi di Rumah Sakit adalah kebakaran, gempa, dan tsunami. Dengan tahap perencanaan penanggulangan bencana dan beberapa kemungkinan pengelolaannya adalah tim penanggulangan bencana di rumah sakit, sistem perencanaan penanggulangan bencana rumah sakit, sistem operasional tim penanggulangan bencana rumah sakit, sistem logistik penanggulangan bencana rumah sakit, dan perencanaan dan pembiayaan penanggulangan bencana rumah sakit.

 

References

Adi Kurniawan, F., Budi Prasetyo, A., & Wijaya, O. (n.d.). Peningkatan Kapasitas Pegawai Melalui Program Rumah Sakit Aman Bencana (RSAB) di RSUD Kilisuci Kota Kediri.

Annilawati, N., Musliha, A., Program, F., S1, S., Masyarakat, K., & Kesehatan, I. (2019). Analisis Sistem Tanggap Darurat Bencana Rumah Sakit X di Jakarta Selatan Tahun 2018. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 11).

Dewi, F. S. (n.d.). Analisis Risiko Kejadian Penyakit Akibat Kerja Nelayan Kecil.

Fajriah, N., Jati, S. P., & Setyaningsih, Y. (2022). Analisis Komitmen Manajemen Rumah Sakit terhadap Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana di RSUD Indramayu. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 21(1), 4–11. https://doi.org/10.33221/jikes.v21i1.1617

Herawati, T., & Farosyah, A. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Perawat di Rumah Sakit Rujukan pada Area Rentan Bencana di Indonesia: Studi Deskriptif Analitik. In Journal of Bionursing 128 Journal of Bionursing (Vol. 5, Issue 2).

Jaka Sarwadhamana, R., Zia Ulhaq, M., Fareidza Makkulau, A. Z., Prastiwi, A. D., Septriani, E. S., Hana, M., Farid, M., Sholawati, P. M., Rahmadani, S., Kanti Program Studi Administrasi Rumah Sakit, T., Ilmu-Ilmu Kesehatan, F., & Alma Ata, U. (n.d.). Functional Aspects Of Disaster Preparedness In Hospital of PKU Muhammadiyah Gamping Aspek Fungsional Kesiapsiagaan Bencana Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

Jurnal Kesehatan Masyarakat, P., Parulian Simanjuntak, M., Asnawati, S., Ilmu Kesehatan Masyarakat, P., Departemen Kesehatan Masyarakat, D., & Ilmu Kesehatan Masyarakat, M. (2021). KESIAPSIAGAAN RUMAH SAKIT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA (Studi Kasus di RSU Elpi Al Aziz Rantauprapat Tahun 2020). 5(2).

Kesehatan, J., Sugiarni, L., Susanto, A., Keselamatan, D., Kerja, K., Kesehatan, T., Jenderal, U., & Yani, A. (n.d.). GAMBARAN KESIAPSIAGAAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) AL ISLAM BANDUNG DALAM MENGHADAPI KONDISI DARURAT ATAU BENCANA. www.akperkebonjati.ac.id

Lainsamputty, F., Purnawinadi, G., Bagus, R., Santoso, E., & Babu, V. A. (2022). Efikasi Diri dan Kesiapsiagaan Perawat Rumah Sakit terhadap Bencana. In NERS: Jurnal Keperawatan (Vol. 18, Issue 1).

Nada, Q., & Kamaluddin, R. (2020). Hubungan Hospital Disaster Plan Simulation dengan Kesiapsiagaan Bencana Perawat Di RSUD Prambanan Kabupaten Sleman. In Jurnal of Bionursing (Vol. 2, Issue 2).

Ulla Amaliah, R., Dari Dewi, F., Rizal, C., Indra Setyawan, Y., Ibnu Sina, U., & Studi Kesehatan dan Keselamatan Kerja FIKes Ibnu Sina, P. (2021). Kesehatan Ibnu Sina KESIAPSIAGAAN RUMAH SAKIT X DALAM MENGHADAPI BENCANA COVID-19 BERDASARKAN HOSPITAL SAFETY INDEX. 2(ISSN), 2722–8102. https://doi.org/10.3652/J-KIS

Zulkifli, & Mangindara. (n.d.). ANALYSIS OF HOSPITAL PREPAREDNESS IN EFFORTS TO DEAL WITH FIRE DISASTERS AT HAJI HOSPITAL, SOUTH SULAWESI PROVINCE. In Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia (Vol. 03).

Published

2024-05-30

How to Cite

Sophie Zafira Tanjung, Syavira Desputri, Amanda Aulia, & Abdurrozzaq Hasibuan. (2024). Analisis Kesiapsiagaan di Rumah Sakit Dalam Menghadapi Bencana . Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(5), 256–259. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i5.468

Issue

Section

Kesehatan

Categories