Pengaruh Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi : Tinjauan Literatur

Authors

  • Citra Aulia Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Susilawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.662

Keywords:

Pekerja

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek yang sangat penting dalam industri konstruksi yang memerlukan perhatian serius untuk mencegah risiko kecelakaan kerja dan menjamin lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi seluruh pekerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan penelitian terkait untuk mendukung temuan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan K3 terhadap hasil kerja pekerja industri konstruksi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran keselamatan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan K3 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap biaya proyek, efisiensi pegawai dan keamanan kerja. Informasi K3 berperan penting dalam membentuk perilaku pekerja konstruksi yang aman dan bertanggung jawab. Perencanaan kesehatan dan keselamatan yang cermat, termasuk penilaian risiko, pelatihan keselamatan, dan penggunaan peralatan keselamatan, merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan K3 yang baik dan menyeluruh sangat penting untuk menjaga keselamatan, kesehatan, dan produktivitas pekerja di industri konstruksi. Kerjasama antara manajemen, karyawan dan instansi terkait sangat diperlukan untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja.

References

Abbas, F., Oppier, I., & Buyang, C. G. (2019). Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Biaya Proyek Konstruksi Bangunan Gedung Di Kota Ambon. Jurnal Simetrik, 9(2), 242-249.

Abdurrachman, F. (2020). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja (Studi Kasus: Proyek Bendung dan Pompa Air Tanpa Motor Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep) (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).

Afan, M. M., RIWIBOWO, N. R., Wijaya, O. D., & Rohman, M. (2022). Analisis Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi. Device, 12(2), 144-153.

Amrita, A., Siswanto, A. B., Salim, M. A., & Fauzi, R. B. (2022). PENGARUH PELAKSANAAN K3 TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN PURWODADI. Jurnal Ilmu Manajemen, 231-240.

Ariswa, F., Andriani, M., & Irawan, H. (2020). Usulan Perbaikan Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (Smk3) Pada Perusahaan Konstruksi Jalan (Studi Kasus: Pt Karya Shakila Group). Jisi: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 7(2), 91-100.

Djaelani, M., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Beban Kerja terhadap Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 1(4), 15-27.

Lisnahan, C., & Tamelan, P. G. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KONSTRUKSI PADA PT. USAHA KARYA BUANA KOTA KUPANG: EFFECT OF OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY KNOWLEDGE ON THE PERFORMANCE OF CONSTRUCTION EMPLOYEES AT PT. KUPANG CITY BUANA WORK BUSINESS. BATAKARANG, 3(1), 33-39.

Makupiola, C. A., & Azis, R. A. (2023). Analisis Pengaruh Kepribadian terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Tenaga Kerja Konstruksi (Studi Kasus Proyek Supervisi Rehabitasi Jalan Ruas Pinrang-Rappang). Graha Medika Public Health Journal, 2(1), 61-70.

Manurung, EH (2020). Perencanaan K3 Pekerjaan Konstruksi. Jurnal Mekanika Sipil Teknik Konstruksi , 3 (1), 49-54.

Saraswati, R. A., & Putra, W. D. (2023). Analisis Pengaruh Pengetahuan K3 terhadap Perilaku Pekerja Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Preservasi Jalan dan Jembatan Ruas Jalan Perintis Kota Makassar). Journal on Education, 5(4), 11734-11739.

Susanto, S., Karisma, D. A., Budi, K. C., Sumargono, S., & Winarno, B. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Penerapan Keselamatan Kerja Pada Pekerja Konstruksi. Civilla: Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan, 5(2), 476-485.

Widiana, I. W., Muka, I. W., & Mahapatni, I. A. P. S. (2023). Pengaruh Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas dan Kenyamanan Pekerja Konstruksi. Jurnal Ilmiah Kurva Teknik, 12(2), 121-131.

Published

2024-07-01

How to Cite

Citra Aulia Amanda, & Susilawati. (2024). Pengaruh Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Konstruksi : Tinjauan Literatur. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 21–28. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.662

Issue

Section

Articles

Categories