Balaghah Al-Quran: Tasybih At-Tamtsil Dalam Al-Quran Surah Al-Kahfi Ayat 45

Authors

  • Armaida Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chairunnisah Zega Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Harun Al-Rasyid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.668

Keywords:

Balaghah

Abstract

Abstrak Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Mengupas Tentang Tasybih At-Tamtsil Yang Ada Pada Al-Quran Surah Al-Kahfi Ayat 45.  Penelitian Ini Berfokus Kepada Tasybih  At-Tamtsil Yang  Termasuk Bagian Dari Ilmu Balaghah, Serta Berfokus Kepada Hubungan Antara Tasybih  At-Tamtsil Dengan Q.S. Al-Kahfi Ayat 45. Penelitian Ini Menggunakan Metode Library Research (Kepustakaan) Yang Mana Metode Ini Menggunakan Teknik Pengumpulan Data Dengan Melakukan Penelaahan Terhadap Buku, Jurnal, Serta Laporan Yang Berkaitan Dengan Masalah Yang Ingin Dipecahkan. Tegasnya Kegiatan Penelitian Kepustakaan Hanya Sebatas Bahan Koleksi Perpustakaan Dan Tidak Memerlukan Penelitian Lapangan. Dalam Penelitian Ini, Penulis Harus Menelusuri Buku Atau Bahan Bacaan Untuk Menemukan Persamaan Atau Hubungan Lain Antara Situasi, Ciri, Dan Situasi Lain Dalam Naskah, Seperti Sebab Akibat, Hubungan Antar Tempat, Waktu, Dan Lain-Lain. Temuan Dalam Penelitian Ini Adalah (1) Tasybih Yang Ada Pada Ayat Ini Adalah Termasuk Kelompok Dari Ilmu Balaghah, Dikarenakan Susunan Gaya Bahasa Dari Perserupaan Dan Perbedaan, Yaitu Yang Membandingkan Berupa Benda, Karakter Dari Beberapa Hal Dengan Benda, Karakter Atau Yang Lainnya, Contohnya Keterkaitan Sebab Akibat, Keterkaitan Kawasan, Lokasi Dan Keterkaitan Lainnya. (2) Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 45 Pada Kalimat  مَثَلَ  Yang Termasuk Perumpamaan Serta Menerangkan Suatu Hal Yang Mempunyai Keterkaitan Situasi. (3) Tasybih Pada Ayat Ini Ialah Mengumpamakan Karakter Serta Perihal Musyabbah. Apabila Pengertian Musyabbah Masih Susah Dimengerti, Maka Allah Menjelaskan Tasybih Supaya Pengertian Tentang Musyabbah Kelihatan Transparan Dan Benar.

References

Al-Qurthubi, Tafsir Al-Qurthubi, Jilid 10, Pustaka Azzam, Jakarta, 2008.

Asy-Syawadifi. M. At-Tibyan Fi Amtsalil Quran. Lebanon. Darul Qutub. 2020.

Ferki. A, Kamaluddin, Putri. R, Tasybih Attamstil Dalam Al-Quran: Analisis Balaghah Pada Surah Al-Kahfi, Jurnal Balaghah, Vol. 3, No. 1 , Juni 2021.

Hafni. B, Ayat-Ayat Tamtsil Al Quran: Analisis Stilistika, Jurnal Ayat-Ayat Tamtsil. Vol 3, No. 1, 2021.

Khalis, Hajrah, Sunarti, Tasybih Dalam Ilmu Balaghah, Jurnalof Arabic Studies, Vol. 2, No. 2, 2023.

Kridalaksono, Harimukti, 1993. Kamus Linguistik, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Marlion. F. Wijayanti. T. Makna Ayat-Ayat Perumpamaan Di Dalam Surah Ali-Imran. Annida’.2019.

Rizki, Ikbal, Mida, Memahami Konsep Tasybih Dalam Al-Quran: Perspektif Ahli Tafsir Dan Implikasinya Bagi Penegembangan Materi Ajar Ilmu Bayan, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, Vol. 6, No. 1, 2024.

Quraish Shihab. M. Tafsir Al-Misbah, Jakarta, Lentera Hati, 2011.

Siti Rohmatul. U, Penggunaan Balaghatul Quran Sebagai Alternatif Pembelajaran Balaghah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, Vol 14, No. 2, 2021.

Wafiy, Ali Abdul Wahid, 1962. Fiqh Al-Lughah, Ttp., Lajnah Bayan Al-Arabiy.

Published

2024-07-01

How to Cite

Armaida Siregar, Chairunnisah Zega, & Harun Al-Rasyid. (2024). Balaghah Al-Quran: Tasybih At-Tamtsil Dalam Al-Quran Surah Al-Kahfi Ayat 45. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 55–59. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.668

Issue

Section

Articles

Categories