Mengatasi Pengaruh Negatif Pesimisme Terhadap Perkembangan Karier Remaja Dengan Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Karier

Authors

  • Nazla Meyrisa Azmi IKIP Siliwangi
  • Nafla Athaya IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.677

Keywords:

Pesimisme

Abstract

Pesimisme merupakan pemikiran negatif yang didasari oleh rasa takut dan pasrah terhadap situasi sulit. Dalam teori kognitif, sikap pesimisme terjadi karena disebabkan adanya kesalahan kognisi, yakni kognisi yang negatif. Dengan kognisi yang negative itu, individu cenderung mengambil kesimpulan terlebih dahulu, dan itu suatu kesalahan. Pandangan negatif itu tidak hanya tertuju pada dirinya sendiri, lebih jauh bahkan untuk masa depannya. Pesimisme dapat memberikan pengaruh negatif terhadap perencanaan karier remaja apabila dibiarkan begitu saja tanpa adanya bimbingan, sehingga jika dibiarkan begitu saja maka dapat mengembangkan kebiasaan buruk dan perilaku yang merusak diri, karena pada masa transisi dari kanak-kanak ke masa remaja awal hingga remaja akhir atau awal dewasa banyak sekali tahapan perkembangan yang akan dilalui dan berdampak pada perilaku yang ditunjukan, baik secara fisik ataupun kognitifnya. Artikel ini dibuat untuk mengetahui apa saja pengaruh negatif pesimisme terhadap perencanaan karier remaja, dan untuk mengetahui bagaimana strategi layanan dalam BK karier dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Data diperoleh melalui berbagai sumber. Tujuannya untuk memperoleh gambaran dan pola, serta keterkaitan antar variabel. Dengan melihat proses perkembangan karier dan indikator kematangan remaja pada aspek-aspek perencanaan karier remaja, maka dapat dihasilkan permasalahan yang sering dihadapi remaja pada tahap perencanaan karier yaitu, kurangnya informasi, kurangnya minat, kurangnya sumber daya, tekanan orang tua atau lingkungan, kurangnya kemampuan diri, kurangnya pengalamam, kurangnya dukungan, keterbatasan dalam merencanakan karier dan kecemasan tentang masa depan. Hasil penelitian menunjukkan pesimisme dapat memberikan pengaruh negatif terhadap perencanaan karier remaja. Bimbingan Karier dapat menjadi alternatif pencegahan terjadinya dampak negatif tersebut dan menjadi solusi bagi remaja di sekolah dalam proses perencanaan karier remaja.

References

Dera Lukita Sari, E. d. (2019). Hubungan Pola Pikir Pesimisme Dengan Resiko Depresi Pada Remaja. Nursing News, 90, 94-95.

Dwi, Y. A. (2021). Pendekatan Trait and Factor dalam Mengatasi Kecemasan Karir Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4-5.

Hikmandayani, T. T. (2023). Psikologi Perkembangan Remaja. Bojongsari: Eureka Media Aksara.

Irmayanti. (2020). Modul Bimbingan dan Konseling Karier. Bandung: -.

Irmayanti. (2020). Teknik Bimbingan dan Konseling Ruang Lingkup Sekolah. Bandung: Edupotensia.

Jaya Agung, M. d. (2015). Hubungan Antara Pesimisme dengan Proktansin Akademik dalam menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 268-269.

Widarto. (2015). Bimbingan Karier. Yogyakarta: Leutikaprio.

Yusuf, &. N. (2022). Landasan Bimbingan dan Koneling. Bandung: Rosdakarya.

Published

2024-07-02

How to Cite

Nazla Meyrisa Azmi, & Nafla Athaya. (2024). Mengatasi Pengaruh Negatif Pesimisme Terhadap Perkembangan Karier Remaja Dengan Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Karier. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 60–68. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.677

Issue

Section

Articles