Pentingnya Puasa Dalam Perspektif Hadis Dan Sains

Authors

  • Idris Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Baihaqi Hirza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Daffa Affandi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.691

Keywords:

Puasa

Abstract

Puasa adalah salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Selain memiliki nilai spiritual yang tinggi, puasa juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah. Artikel ini mengeksplorasi pentingnya puasa dari perspektif Hadis dan sains. Dari sudut pandang Islam, puasa tidak hanya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kesabaran, disiplin, dan empati terhadap sesama. Sementara itu, dari perspektif sains, puasa menunjukkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan metabolisme, pengurangan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung, serta dukungan terhadap proses detoksifikasi alami tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa puasa dapat membantu dalam pengaturan berat badan dan meningkatkan fungsi otak. Kombinasi antara keutamaan spiritual dan manfaat kesehatan menjadikan puasa sebagai praktik yang bernilai tinggi, baik dalam konteks agama maupun ilmu pengetahuan. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat menggali lebih dalam mengenai mekanisme biologis di balik manfaat kesehatan puasa serta implikasinya dalam praktik medis modern.

References

Al-Asqalani, I. H. (2003). Fathul Baari Syarah Shahih Al-Bukhari. Beirut-Lebanon: Dar Al-Kotob AlIlmiyah. Juz IV, h.130.

Firmansyah, F.A. 2015. Pengaruh Puasa Ramadhan pada Beberapa Kondisi Kesehatan. Tangerang: UIN Antasari.

Imam Zarkasyi. 1990. Figh II. Gontor: Trimurti

Khodijah, Siti, 2023, Manfaat Puasa dalam Perspektif Islam dan Sains. Journal of Islamic Interdisciplinary Studies, (2)(1): 35-44.

Miftah, F. (2007). Puasa: Ibadah Kaya Makna. Jakarta: Gema Insani.

Nafis, Cholil.2015. Menyingkap Tabir Puasa Ramadhan. Jakarta: Mitra Abadi Press.

Rachmanto, Erika, 2024, Ibadah Puasa Ramadhan dalam Perpektif Islam dan Kesehatan. Jurnal Studi dan Pemikiran Islam, (2)(2):53-74.

Ramli, A. Chadry. 1999. Risalah Puasa Ramadhan:Hukum-hukum Puasa dan Hikmahnya Surabaya: Pustaka Progresif.

Wahid, Abdul Ramli. 2010. Fikih Ramadhan. Medan: Perdana Publishing.

Zulkifli. 2020. Panduan Praktis Memahami Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf dan Pajak. Yogyakarta: Kalimedia.

Published

2024-07-03

How to Cite

Idris Siregar, Baihaqi Hirza, & Daffa Affandi. (2024). Pentingnya Puasa Dalam Perspektif Hadis Dan Sains. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 158–162. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.691

Issue

Section

Articles

Categories