Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas II Sdn 15/III Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci
Main Article Content
Rendahnya hasil belajar siswa kondisi awal dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu dengan persentase ketuntasan sebesar 33% dan yang belum tuntas 77%. Dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN 15/III Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada siswa kelas II SDN 15/III Tanjung Pauh Mudik yang peneliti lakukan dari tanggal 22 Juli 2024 s/d 2 Agustus 2024 dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penilaian hasil belajar siswa pada kondisi awal mata pelajaran Bahasa Indonesia memperoleh persentase 33% pada siklus I memperoleh persentase sebesar 36,6% karena tingkat keberhasilan siswa belum mencapai keberhasilan maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II di peroleh 86,6%, maka terjadi peningkatan 50%. Pada observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan persentase sebesar 50%, siklus II mendapatkan persentase 88%, terjadi peningkatan 38%. Pada observasi siswa siklus I mendapatkan persentase 55%, siklus II mendapatkan persentase 70,67%, terjadi peningkatan sebesar 15,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 15/III Tanjung Pauh Mudik.
Adi Suryanto, dkk. 2021. Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Budyanto, Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student centered learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Afandi, Muhamad. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Sekolah Dasar dan Umum. Bandung; Indonesia IKAPI.
Agustin Sukses Dakhi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 8 (2), 468.
Amaliyah, dkk. 2019. Model Pembelajaran Inovatif Abad 21. Yogyakarta: Samudra Biru.
Ariani, dkk. 2020. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bakti Persada.
Arsyad, Wahyu Bagja Sulfemi. 2018. Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. STKIP Muhammadiyah Bogor 3 (2), 41-46.
Djamaluddin, Ahdar. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV. Kaafning Center.
Fransiska Faberta Kencana Sari 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD Pads Pembelajaran Tematik Melalui Penerapan Model Role Playing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP 3 (1), 64.
Haerullah, Ade, dan Said Hasan. 2017. Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar.
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ifni, Oktiani. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan 5 (2), 232.
Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Media Persada.
Lukas, Bera. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Inpre Waioti. Jurnal Pendidikan Tambusi 6 (2) 114
Muhammad, Ali. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pernik PAUD 3 (1) 41.
Mumayzizah Miftahul Jannah dan Harun Rasyid. 2023. Kurikulum Merdeka Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1) 198.
Putri Dewi Anggraini dan Siti. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). (ISSN: 23389621 .Vol.9, Nomor.2.).Hlm.294
Orchidta Ikhwani Oktivianto. (2018). Pengaruh Implementasi ModelPembelajaran Role Playing Dengan Media Film Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan 3 (2), 115-116.
Rekli Legipra. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa dengan Model Role Playing di Kelas VI SD Negeri 95/III Koto Lebuh Tinggi Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sappaile. 2022. Hasil Belajar dari Prespektif Dukungan Orang Tua dan Minat Belajar Siswa. Makasar: Universitas Negeri Makassar.
Setiawan, Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Pononogoro: Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyowati. 2020. Belajar Energi Bunyi dengan KIT IPA. Jawa Tengah: CV.Pilar Nusantara.
Shilphy A. Octavia. 2020. Model-model Pembelajaran. CV. Budi Utama.
Shoimin, Aris. 2020. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Syamsidah dan Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Simeru, dkk. 2023. Model-model Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.
Siti Masitoh. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Strategi Komplementer Melalui Motivasi Belajar.CV. Mega Proses Nusantara.
Shoimin, Aris. 2020. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Grafika.
Supraktiknya, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Notes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ulum, Mamba’ul. (2022). Media Pembelajaran Karton Bekas Snack. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.Hlm.33.
Wirda, D. 2020. Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian dan Kebudayaan.