Analisis Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di PT Pertamina

Authors

  • Latifah Mutiah Nurhidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Susilawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.577

Keywords:

Manajemen

Abstract

PT Pertamina, salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia, memiliki manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang sangat penting untuk operasinya. Abstrak ini menyajikan ringkasan analisis manajemen K3 PT Pertamina. Tujuannya adalah untuk menekankan masalah, praktik terbaik, dan konsekuensi praktis. Dalam analisis ini, pendekatan holistik digunakan untuk memahami manajemen K3 PT Pertamina. Studi ini menyelidiki dan mengevaluasi kebijakan, prosedur, dan praktik K3 yang diterapkan di seluruh unit operasional perusahaan. Tinjauan literatur, wawancara dengan pemangku kepentingan, dan analisis data sekunder yang relevan adalah metode penelitian. Analisis ini menunjukkan bahwa PT Pertamina telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan manajemen K3 dengan menerapkan kebijakan proaktif dan program pelatihan yang berkelanjutan. 

References

Amang, J. S. T. (2020). Pengaruh Sertifikasi Kompetensi dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Perusahaan terhadap Efektivitas Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT Pertamina (Persero).

Anggraini, M., Nazif, I., & Lubis, F. (2022). Analisa Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja pada Pekerjaan Pigging di Pertamina Hulu Rokan. Jurnal Teknik Sipil Dan Teknologi Konstruksi, 8(2), 69-77.

CHANDENY, A. (2023). GAMBARAN IKLIM KESELAMATAN (SAFETY CLIMATE) DENGAN NOSACQ 50 PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) FUEL TERMINAL JAMBI TAHUN 2023 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Endrianto, E., & Adnan, A. Z. (2023). Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (Smk3) Kontraktor Di Pt Pertamina Ep Asset 3 Jatibarang Field. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 345-350.

Erniyanti, A., Soesanto, E., Putri, K. A., & Rahma, F. D. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN SEKURITI DENGAN STANDAR, KOMPONEN, DAN K3 DI PT. PERTAMINA HULU ROKAN. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 143-151.

Kahandanie, F., & Kartika, D. M. R. (2024). ANALISIS RISIKO SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KONSTRUKSI BIDANG PEKERJAAN UMUM (SMK3 KONSTRUKSI BIDANG PEKERJAAN UMUM) PADA PROYEK RDMP RU-V PT. ADHI KARYA (PERSERO) Tbk BALIKPAPAN. Journal of Science & Technology, 5(2).

Luri, H., & Rinawati, D. I. (2019). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Menggunakan Job Hazard Analysis (Studi Kasus Pt. Pertamina Ep Asset 4 Field Cepu). Industrial Engineering Online Journal, 8(1).

Nurhayati, D. (2019). Hubungan Antara Faktor Pembentuk Budaya Keselamatan Kerja dengan Safety Behaviour pada Pekerja di PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Banjarmasin Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan).

Pongky, P., Hardiyono, H., Purwanti, S., & Herman, H. (2023). ANALISIS PENCEGAHAN BAHAYA PADA BENGKEL BUBUT PT HARMAIN (STUDI KASUS: DOCKYARD BALIKPAPAN–MARINE SERVICE SHIPPING PT PERTAMINA (PERSERO) RU V. IDENTIFIKASI, 9(1), 781-786.

PUTRA, R. H. A. (2023). ANALISIS RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AWAK MOBIL TANGKI (AMT) MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI PT. PERTAMINA INTEGRATED TERMINAL SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Somantri, K. Q. (2023). Analisis Manajemen Risiko Rantai Pasok PT. Pertamina Patra Niaga Menggunakan Interpretive Structural Modeling dan House of Risk (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Syarifuddin, S., Anwar, A., & Indori, P. (2020). Analisis Kesehatan Dan Kecelakaan Kerja Dengan Metode Fault Tree Analysis (Fta) Pada Area Stasiun Pengumpul Di Pt Pertamina Ep Asset 1 Rantau Field. Industrial Engineering Journal, 9(2)

Published

2024-06-19

How to Cite

Latifah Mutiah Nurhidayah, & Susilawati. (2024). Analisis Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Di PT Pertamina. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 459–462. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.577

Issue

Section

Articles

Categories