Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Di Lazarus Batik

Authors

  • Suprianik Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Hirsa hulaifah Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Yusrina Hiriyatur Rohmah Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Annisa Isnaini Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.130

Keywords:

Strategi pemasaran, fashion

Abstract

Batik adalah berasal dari kata yang berakhiran tik, berasal dari kata menitik yang berarti menetes. Dalam bahasa Jawa kromo batik disebut seratan, dalam bahasa Jawa ngoko disebut tukis (menulis dengan lilin). Menurut terminologi, batik adalah gambar yang dihasilkan dengan menggunakan alat canting atau sejenisnya dengan bahan lilin sebagai penahan masuknya warna. Istilah batik berasal dari kata kata amba (Jawa), yang artinya menulis dan nitik yang berarti membuat titik. Lazarus merupakan sebuah batik Madura yang menawarkan berbagai macam batik tulis terutama batik Madura yang brand dari galeri batik ini. Berbagai macam motif batik khas Madura dipasarkan di sini, hal ini ditujukan untuk memperkenalkan batik khas madura yang akhir-akhir ini semakin diminati. Batik dengan serpihan padi disetiap motifnya ini merupakan batik asal kelahiran sang pemilik yaitu Pak Junaidi yang notabenenya merupakan orang madura sehingga disamping bisnis ini juga bekerja untuk mengenalkan budaya asal madura dengan harapan budaya madura akan lebih dikenal.Perkembangan fashion di Indonesia dapat dilihat dari ciri khas fashion Indonesia yakni batik. Para designer Indonesia telah berusaha untuk mengembangkan karyanya supaya batik tidak hanya sebagai barang yang itu saja atau monoton. Contohnya batik yang pada awalnya kerap digunakan oleh para orangtua dalam acara formal, kini bisa beralih fungsi sebagai pakaian yang santai dan tidak terlalu formal. Seiring berjalannya waktu, batik Indonesia juga semakin trendi dengan berbagai bentuk pola pakaian, warna, dan bisa di padu padankan dengan jeans yang bisa dipakai untuk anak-anak muda di Indonesia. Dari hasil penelitian diperoleh strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan dalam Meningkatkan penjualan. Perusahaan masih harus mengembangkan semua produknya agar lebih Bervariasi dan mengikuti trand mode.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dina Arfianti Siregar Dkk 2019 "Strategi Pengembangan Industri Batik di Kampung Batik Medan" Akutansi Politeknik Negeri Medan.

Hendri Hermawan Adinugraha dkk, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN BATIK (STUDI KASUS BUARAN BATIK CENTER PEKALONGAN)”, JURNAL ILMU TEKNIK DAN INFORMATIKA (TEKNIK), VOL 1, No.2, (2021): 77-79.

M Oetamie 2014, Perancangan-Fotografi-Fashion-Untuk-Promosi-Batik-Diajeng-Solo-bab1, Universitas Sebelas Maret Universitas Negri Surakarta jawa tengah.

Muhamad Masrur1 dan Agus Arwani 2019 "Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah" Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Pekalongan.

Yuni larasati dan Rose rahmidani 2019 "ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BATIK TANAH LIEK BUNDO KANDUANG" Universitas Negeri Padang

Published

2023-12-04

How to Cite

Suprianik, Hirsa hulaifah, Yusrina Hiriyatur Rohmah, & Annisa Isnaini. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Fashion Di Lazarus Batik. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 4–7. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.130