Pelatihan Pengelolaan Keuangan Pribadi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Lingkungan SMK Negeri 3 Medan

Authors

  • Dian Setyorini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Fenny Afrida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Lisa Elianti Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Dita Sayidin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Isra Rafika Sihombing Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Deliyanti Simbolon Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.311

Keywords:

Pengelolaan keuangan, manajemen keuangan

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksakan di sekolah menengah kejuruan Negri 3 medan pada tgl 9 februari 20224 pukul 09.00 sampai dengan selesai yang dikuti 11 peserta Berbicara tentang manajemen keuangan, khususnya keuangan pribadi tentunya tidak terlepas dari manajemen gaya hidup. Seperti contoh guru dan petani sebelumnya, gaya hidup guru di perkotaan tentunya berbeda dengan gaya hidup seorang petani di pedesaan. Selain karena biaya hidup di perkotaan yang cenderung lebih mahal, kebutuhan seorang guru dan petani pun tidak dapat disamakan. Seorang petani tentunya tidak perlu membeli  pakaian formal untuk bekerja, tidak pula membutuhkan gadget yang komplit seperti laptop, smartphone dan lainnya. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah semata-mata penyebab aset guru yang jauh lebih sedikit daripada petani. Dengan penghasilan yang lebih besar, seharusnya guru dapat lebih mengoptimalkan pemasukannya. Untuk inilah pentingnya bagi setiap individu memahami cara memanajemen keuangan. Tidak sedikit pula kasus seorang yang memiliki penghasilan lebih banyak namun memiliki utang konsumtif yang lebih banyak pula.

References

Astuti, R. N., & Hartoyo. (2023). Pengaruh Nilai, Tingkat Pengetahuan, dan Sikap Terhadap Perencanaan Keuangan Hari Tua. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 6.

Chiba, Fumiko. Kakeibo – The Japanese Art of Saving Money. New York: Tarcherperigee. 2020

E. Warren and A. W. Tyagi, All Your Worth : The Ultimate Lifetime Money Plan. New York: A Division Of Simon & Schuster, Inc., 2019.

Hartono, A. (2022). Nasibmu dalam Dompetmu. Jakarta: Elex Media Komputindo

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Perilaku UMKM Sentra Kerajianan Batik Kabupaten Bantul. Jurna Nominal, 7.

Otoritas Jasa Keuangan. 2020. Siaran Pers Tingkatkan Pemahaman Sektor Keuangan di Mahasiswa. (online). http://sikapiuangmu.ojk.go.id/frontEnd/MS/Download. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2021.

Nofianty, Leny. dan Angrieta Denziana. 2019. Manajemen Keuangan Keluarga. Artikel Ilmiah: UIN SuskaRiau.

Pigou, Arthur Cecil. The Veil of Money. London: London Macmilla & Co1960,1949.

Rasyid, Rosyeni. 2019. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Study Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Vol. 1. No. 2.

Rusmawati, Z. 2018. Internalisasi Pendidikan Keuangan ke dalam Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1 (4),343-353.

Sina, P. G., dan Noya, A. 2022. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Manajemen. 11 (2). 171-188.

Yushita, A. N. (2019). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal.

Published

2024-01-31

How to Cite

Dian Setyorini, Fenny Afrida, Lisa Elianti Nasution, Dita Sayidin, Isra Rafika Sihombing, & Deliyanti Simbolon. (2024). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Pribadi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Lingkungan SMK Negeri 3 Medan. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 57–59. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.311

Most read articles by the same author(s)