Pelatihan Kearsipan Bagi Pegawai Guna Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Arsip Pada SMK Negeri 3 Medan

Authors

  • Lisa Elianti Nasution STIE Eka Prasetya
  • Fenny Afrida STIE Eka Prasetya
  • Dian Setyorini STIE Eka Prasetya
  • Dita Sayidina Harahap STIE Eka Prasetya
  • Isra Rafika Sihombing STIE Eka Prasetya
  • Deliyanti Simbolon STIE Eka Prasetya

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.308

Keywords:

Arsip, SMK

Abstract

Dalam pengelolaan arsip sumber daya manusia memegang peranan penting, karena rumitnya sistem pengelolaan arsip memerlukan pengetahuan yang cukup dalam mengelola arsip, hal ini didasarkan pada tanggung jawab dan fungsi dari manajemen pengelolaan arsip itu sendiri. Pada umumnya pengelolaan arsip dimasa lalu kurang mendapat perhatian yang lebih dalam sebuah organisasi, pada penempatannya seorang petugas arsip tidak dipilih berdasarkan kualifikasi yang sesuai, bahkan banyak yang beranggapan bahwa petugas pengelola arsip cukup memiliki standar pengetahuan dalam menyimpan arsip atau dokumen saja oleh karena itu kualifikasi yang dibutuhkan hanya sekedarnya saja, akan tetapi pada kenyataannya petugas kearsipan harus memiliki wawasan yang luas dalam mengelola kearsipan, tidak hanya menyimpan dan mencari arsip saja akan tetapi diperlukan pemahaman yang lebih dalam menganalisa perkembangan arsip, perencanaan dimasa mendatang, retensi arsip dan masih banyak lagi hal yang harus dipahami oleh petugas pengelola kearsipan.

References

Asriel, A. S. (2018). Manajemen Kearsipan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basir, B. (2012). Manajemen Kearsipan untuk Lembaga Negara, Swasta, dan Perguruan Tinggi. Bumi Aksara.

Hayati, A. A. (2020). Pengelolaan Arsip Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Kantor Kelurahan Muara Jawa Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 1–11.

Rasto. (2019). Manajemen Perkantoran : Paradigma Baru. Bandung: Alfabeta.

Sattar. (2019). Manajemen Kearsipan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2024-01-31

How to Cite

Lisa Elianti Nasution, Fenny Afrida, Dian Setyorini, Dita Sayidina Harahap, Isra Rafika Sihombing, & Deliyanti Simbolon. (2024). Pelatihan Kearsipan Bagi Pegawai Guna Untuk Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Arsip Pada SMK Negeri 3 Medan . Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55–56. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.308

Most read articles by the same author(s)