Pengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Pada Ternak Sapi Di Kelurahan Sendang Mulyasari Kecamatan Tonggauna Kabuptaen KonawePengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Pada Ternak Sapi Di Kelurahan Sendang Mulyasari K

Authors

  • Abu Rahman Universitas Lakidende
  • Suharjo Suharjo Universitas Lakidende
  • Endang Sumiratin Universitas Lakidende
  • Dadin Rahman Universitas Lakidende
  • Syarif Syarif Universitas Lakidende
  • Yonas Kandoro Universitas Lakidende

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v1i1.26

Keywords:

PMK, Pengendalian, Pemberantasan, Penyakit Sapi

Abstract

Kelurahan Sendang Mulyasari berada di Kecamatan Tonggauna Kabupaten Konawe, salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Mata pencaharian penduduk kelurahan Wawonggole sebagian adalah petani Peternak dan sebagian lainnya pegawai negeri dan wiraswasta. Komoditas ternak sapi yang banyak dihasilkan di kelurahan tersebut salah satunya adalah ternak sapi bali. Pencegahan penyakit mulut dan kuku dengan melaluli sosialisasi kepada petani peternak kepada masyarakat Kelurahan sandang mulyasasri  sangat perlu diinformasikan teknologi pencegahan mulut dan kuku  ini guna menambah pengetahuan dan ketrampilan terkait kesehatan ternak sapi. Metode dilakukan dengan memberikan penyuluhan, pelatihan dan diskusi kepada petani peternak RW 02 (Kelompok Dasa Wisma RW 01) tentang proses vaksinasi pada ternak sapi .  Penyampaian materi dilakukan dengan pelatihan serta praktek langsung dengan petani peternak sapi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Kelurahan sendang mulyasari yan berkedudukan di Kecamatan Tonggauna   telah berjalan dengan lancar sesuai rencana. Hal ini dapat dilihat dari antusiasnya masyarakat petani peternak mengikuti pelatihan serta membawa ternak untuk di lakukan vaksin ini,. Masyarakat petani peternak sangat tertarik dengan teknologi pengendalian penyakit mulut dan kuku dengan teknologi melalui vaksin  . Pengenalan dan penerapan teknologi ini sudah dapat menyentuh salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam membantu usaha petani peternak sapi bali terkait kesehatan ternak yang mereke pelihara.

References

Dedeh Maryani dan Ruth Roselin E. Nainggolan. 2019, pemberdayaan masyarakat. https://kumparan.com/berita-hari-ini/pemberdayaan-masyarakat-pengertian-prinsip-dan-tujuannya-1vH6b5Wy9TA/4. di akses 5 april 2022.

Nyariki DM, Amwata DA. 2019. The value of pastoralism in Kenya: Application of total economic value approach. Pastoralism 9(1): 1-13. [OIE] Office International des Epizooties. 2015.

Terrestrial Animal Health Code Volume II: Recommendations applicable to OIE listed disease and other diseases of importance to international trade. 24th ed. World Organization for animal health (OIE), Paris, France Hlm. 455-477. [OIE] Office International des Epizooties. 2018.

Manual of Diagnostic Tests and Vaccines for Terrestrial Animals 8th Edition. https://www. oie.int/standard-setting/terrestrial-manual/. [Diakses pada 24 Agustus 2022].

Paton DJ, Gubbins S, King DP. 2018. Understanding the transmission of foot-and-mouth disease virus at different scales. Current Opinion in Virology 28:85-91.

Munawar Noor, 2011. pemberdayaan masyarakat. http://103.98.176.9/index.php/civis/article/view/591. di akses 5 april 2022

Published

2023-07-29

How to Cite

Abu Rahman, Suharjo Suharjo, Endang Sumiratin, Dadin Rahman, Syarif, S., & Yonas Kandoro. (2023). Pengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Pada Ternak Sapi Di Kelurahan Sendang Mulyasari Kecamatan Tonggauna Kabuptaen KonawePengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Pada Ternak Sapi Di Kelurahan Sendang Mulyasari K. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–37. https://doi.org/10.59435/gjpm.v1i1.26

Issue

Section

Articles