Penerapan Virtual Reality Terhadap Retansi Pengetahuan
Main Article Content
Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang berkembang pesat dan memiliki berbagai aplikasi, termasuk di bidang pendidikan. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mendalami penerapan teknologi VR sebagai media pembelajaran alternatif di lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini, jenis teknologi VR yang digunakan, jenjang pendidikan yang memanfaatkannya, serta metode evaluasi pembelajaran berbasis VR dibahas secara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan VR pada pendidikan mampu menambah pemahaman materi, minat belajar, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan dinamis. VR juga mendukung kolaborasi, interaksi sosial, dan pembelajaran jarak jauh. Secara keseluruhan, implementasi VR terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep yang abstrak serta meningkatkan retensi pengetahuan mereka.
[1] M. N. Azmi, H. Mansur, and A. H. Utama, “Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digita,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 12, no. 1, pp. 211–226, 2024, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
[2] Menhard, “Dampak Virtual reality terhadap keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar di perguruan tinggi the society 5 . 0 era in indonesia,” J. Cahaya Mandalika, vol. 5, no. 2, pp. 643–656, 2024.
[3] A. P. Dumayanti and T. I. Kusumawati, “Penerapan Media Berbasis Virtual Reality Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Res. Dev. J. Educ., vol. 10, no. 1, p. 628, 2024, doi: 10.30998/rdje.v10i1.23369.
[4] G. B. D. B. II, “Bab ii gambaran bank dunia dan program bantuan pengembangan energi panas bumi di indonesia,” pp. 1–31, 1945.
[5] S. Nichla et al., “EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY ( VR ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI,” vol. 11, no. 1, pp. 31–43, 2024.
[6] M. Sulaiman Kurdi, “Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan,” CENDEKIA J. Ilmu Sos. Bhs. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 60–85, 2021, doi: 10.55606/cendikia.v1i4.1317.
[7] A. A. Pramesti, R. P. Sitompul, N. Sopiya, and Fitroh, “Systematic Literature Review: Pemanfaatan Virtual Reality (Vr) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 19, no. 2, pp. 105–117, 2022, doi: 10.23887/jptkundiksha.v19i2.48027.
[8] Z. Aini, S. Sanisah, and M. Marlina, “Inovasi dalam Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Serta Memperkuat Fondasi Manajemen SDM Unggul di Era Globalisasi,” Sos. Simbiosis J. Integr. …, no. 3, 2024, [Online]. Available: https://journal.lpkd.or.id/index.php/Sosial/article/view/431
[9] A. Shabir, “Ujicoba Penggunaan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 696–702, 2022.
[10] S. Ariatama, M. M. Adha, Rohman, A. T. Hartino, Eska, and P. Ulpa, “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik,” Semnas FKIP, vol. 2, pp. 1–12, 2021, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/32006/
[11] U. Sudana et al., “Media Virtual Reality Desa Wisata Untuk Pembelajaran Bipa : Apa Dan Bagaimana,” Semin. Int. Riksa Bhs. XIII, pp. 115–120, 2018.
[12] M. D. Setyawan, L. El Hakim, and T. A. Aziz, “Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Indones., vol. 4, no. 02, pp. 122–131, 2023, doi: 10.59141/japendi.v4i02.1592.
[1] M. N. Azmi, H. Mansur, and A. H. Utama, “Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digita,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 12, no. 1, pp. 211–226, 2024, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
[2] Menhard, “Dampak Virtual reality terhadap keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar di perguruan tinggi the society 5 . 0 era in indonesia,” J. Cahaya Mandalika, vol. 5, no. 2, pp. 643–656, 2024.
[3] A. P. Dumayanti and T. I. Kusumawati, “Penerapan Media Berbasis Virtual Reality Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Res. Dev. J. Educ., vol. 10, no. 1, p. 628, 2024, doi: 10.30998/rdje.v10i1.23369.
[4] G. B. D. B. II, “Bab ii gambaran bank dunia dan program bantuan pengembangan energi panas bumi di indonesia,” pp. 1–31, 1945.
[5] S. Nichla et al., “EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY ( VR ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI,” vol. 11, no. 1, pp. 31–43, 2024.
[6] M. Sulaiman Kurdi, “Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan,” CENDEKIA J. Ilmu Sos. Bhs. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 60–85, 2021, doi: 10.55606/cendikia.v1i4.1317.
[7] A. A. Pramesti, R. P. Sitompul, N. Sopiya, and Fitroh, “Systematic Literature Review: Pemanfaatan Virtual Reality (Vr) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 19, no. 2, pp. 105–117, 2022, doi: 10.23887/jptkundiksha.v19i2.48027.
[8] Z. Aini, S. Sanisah, and M. Marlina, “Inovasi dalam Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Serta Memperkuat Fondasi Manajemen SDM Unggul di Era Globalisasi,” Sos. Simbiosis J. Integr. …, no. 3, 2024, [Online]. Available: https://journal.lpkd.or.id/index.php/Sosial/article/view/431
[9] A. Shabir, “Ujicoba Penggunaan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 696–702, 2022.
[10] S. Ariatama, M. M. Adha, Rohman, A. T. Hartino, Eska, and P. Ulpa, “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik,” Semnas FKIP, vol. 2, pp. 1–12, 2021, [Online]. Available: http://repository.lppm.unila.ac.id/32006/
[11] U. Sudana et al., “Media Virtual Reality Desa Wisata Untuk Pembelajaran Bipa : Apa Dan Bagaimana,” Semin. Int. Riksa Bhs. XIII, pp. 115–120, 2018.
[12] M. D. Setyawan, L. El Hakim, and T. A. Aziz, “Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Indones., vol. 4, no. 02, pp. 122–131, 2023, doi: 10.59141/japendi.v4i02.1592.