Manajemen Stres Bagi Pelaku Umkm Di Rumah Kreatif Bumn Makassar

Authors

  • Resekiani Mas Bakar Universitas Negeri Makassar
  • Kurniati Zainuddin Universitas Negeri Makassar
  • Aliyah Hidayah Madjid Universitas Negeri Makassar
  • Nabila Ramadhani Imran Universitas Negeri Makassar
  • Ni Made Kausalya Devi Utami Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.731

Keywords:

Pelaku UMKM

Abstract

Berbagai tekanan dan beban tanggung jawab yang dialami oleh pelaku UMKM seperti kondisi ekonomi yang tidak stabil, persaingan yang ketat sesama pelaku UMKM, kurangnya pengetahuan SDM, sulitnya mengembangkan inovasi yang baru dan tekanan-tekanan lain yang dialami oleh pelaku UMKM. Sehingga, sangat rentan mengalami kondisi stress. Kondisi stress merupakan tanggapan diri sendiri dalam proses internal atau eksternal yang mencapai pada ketegangan fisik dan psikologis seseorang. Tujuan utama dari pelatihan ini ialah agar pelaku UMKM dapat mengatasi kondisi stres yang dialami dengan memberikan pengetahuan mengenai manajemen stres dan teknik relaksasinya. Manajemen stress merupakan cara untuk berpikir dan bereakasi yang ditunjukkan untuk mengatasi tekanan atau transaksi yang menyakitkan diakibatkan stres. Edukasi ini menyasar pelaku UMKM Kota Makassar yang telah mendaftar di event Rumah BUMN Makassar. Metode yang digunakan dalam kegiatan psikoedukasi ini yaitu dengan pemberian materi yang disertai dengan teknik relaksasi Box Breathing dan pemberian Coaching Game Point Of You berupa beberapa kartu bergambar yang dapat merangsang pikiran subjek. Kegiatan psikoedukasi ini mendapatkan feedback positif dari para peserta dan pihak Rumah BUMN. Kegiatan psikoedukasi ini memiliki manfaat bagi pelaku UMKM seperti mengetahui secara lebih jelas tentang stress yang dialaminya dan cara mengolah stress dengan baik. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan, pelaku UMKM terlihat memiliki antusias yang tinggi berdasarkan observasi dan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri.

References

Bara, I. M. B., & Susilawati, S. (2023). Analisis Manajemen Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. ZAHRA: Journal of Health and Medical Research, 3(1), 146-155.

Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementrian Kesehatan RI (2023). Menjaga Kesehatan Mental Penerus Bangsa. Diakses tanggal 28 Juni 2024, Menjaga Kesehatan Mental Para Penerus Bangsa (kemkes.go.id)

Chaplin, James P.(2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dewi, S. K (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang

Emilisa, N., Indriyarti, E. R., Yusran, H. L., Wahyuni, L., & Dizar, S. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat: Penyuluhan Pengetahuan Manajemen Stres Bagi Pelaku UMKM di Azalea Depok. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 7(2).

Hasjanah, K. (18 November 2020). Pentingnya kesehatan finansial dan mental pelaku UMKM ditengah pandemi. Tribun Jakarta. Diambil dari https://jakarta.tribunnews.com/2020/11/18/pentingnya-kesehatan-finansial-dan-mental-pelaku-umkm-di-tengah-pandemi?page=2 Diakses pada 15 Juli 2024

Oktaviani, S. (2023). Osialisasi Pencegahan Stress Bagi Pelaku Umkm Di Desa Pangulah Utara. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 4712-4716.

Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh manajemen stress dan kelola emosi terhadap tingkat kecemasan siswa di masa new normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62-67.

Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bumi Aksara.

Stinson, A (2024, 13 Mai) What Is Box Breathing. Diambil dari Box breathing: How to do it, benefits, and tips (medicalnewstoday.com). Diakses pada 28 Juni 2024

Yuliawan, Eko. (2012). Pengaruh Stres Dan Konflik Terhadap Kinerja Pada PT. Pindad Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikrosil. 2 (1): 11-21.

Zafar, Q., Ali, A., Hameed, T., Ilyas, T., & Younas, H. I. (2015). The influence of job stress on employees performance in Pakistan. American Journal of Social Science Research, 1(4), 221-225.

Published

2024-07-17

How to Cite

Resekiani Mas Bakar, Kurniati Zainuddin, Aliyah Hidayah Madjid, Nabila Ramadhani Imran, & Ni Made Kausalya Devi Utami. (2024). Manajemen Stres Bagi Pelaku Umkm Di Rumah Kreatif Bumn Makassar. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 65–69. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.731