Pelatihan Manajemen Koperasi Bagi Masyarakat Di Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara

Authors

  • Rostin Universitas Halu Oleo
  • Asrip Putera Universitas Halu Oleo
  • Yunila Universitas Lakidende
  • Hasjad Universitas Lakidende
  • Rika Rahmatia Universitas Lakidende
  • Zutriana Universitas Lakidende

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v1i1.15

Keywords:

Pelatihan, manajemen

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Untuk memberikan Pelatihan tersebut memberikan pemahaman baru kepada masyarakat terkait dengan pengetahuan dan keterampilan pendirian dan pengelolaan koperasi bagi masyarakat di Desa Sambandete Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil Pengabdian menyimpulkan bahwa Desa Sambandete Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara memiliki potensi pada beberapa obyek usaha untuk dapat dikelolah atau menjadi unit usaha koperasi yang didirikan. Mayoritas masyarakat dan pengurus koperasi di Desa Sambandete Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah koperasi. Mayoritas masyarakat dan pengurus koperasi di Desa Sambandete Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara memiliki semangat dan keinginan untuk maju, namun mempunyai keterbatasan dari sisi pengalaman dan pengetahuan pengelolaan koperasi sehingga semangat tersebut belum dapat diwujudkan dalam bentuk pembentukan koperasi.

References

Enrignez, C.G. 1986. Struktur and Fungtion of Cooperative, Coady International Institute Sains Francis Kevier University Anggonsh. Nora Scoda.

Hendrojogi. 1997. koperasi : Asas-Asas, Teori dan Praktek, Rajawali Pres, Jakarta.

Irawati, N., Sinaga, H. D., & Siddik, M. (2018). PEMBELAJARAN TEKNOLOGI KOMPUTER BIDANG PERKANTORAN BAGI PERANGKAT DESA DI KECAMATAN BUNTU PANE. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 19-22.

Ketaren, Nurlela. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Koperasi Credit Union Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus: Koperasi Credit Union Partisipasi Sukamakmur Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Harmoni Sosial, Mei 2007, Volume I, No. 3.

Reksohadiprodjo, Sukanto, 2007, Manajemen Koperasi (edisi 5), BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Sitio, Arifin, Haloman Tamba. 2001. Koperasi : Teori dan Praktek, Erlangga, 2001, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian.

Published

2023-07-29

How to Cite

Rostin, Asrip Putera, Yunila, Hasjad, Rika Rahmatia, & Zutriana. (2023). Pelatihan Manajemen Koperasi Bagi Masyarakat Di Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24–27. https://doi.org/10.59435/gjpm.v1i1.15

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)