Unlocking Team Potential With Effective Communication: Seminar Komunikasi Efektif Karyawan CV. Kreasi Pisang Indonesia

Authors

  • Andi Azizah Kusuma Dewi Universitas Negeri Makassar
  • Arzety Dinda Syafiqa Universitas Negeri Makassar
  • Afriani Taufik Universitas Negeri Makassar
  • Andi Halimah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.737

Keywords:

Seminar

Abstract

Komunikasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi menjadi hal yang penting dalam keberlangsungan interaksi, baik dalam ranah formal maupun non formal. Suatu organisasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya komunikasi. Peranan komunikasi dalam organisasi sebagai pondasi untuk bisa menjalankan fungsi-fungsi dan tujuan yang akan dicapai suatu organisasi. Berdasarkan survey engagement yang dilakukan oleh departemen HCGA pada area komunikasi ditemukan hasil yang lebih rendah dari area lain. Pada Perusahaan CV. Kreasi Pisang Indonesia masih sering terjadi kesalahan dalam komunikasi baik kantar individu maupun kelompok. Sehingga, dilakukan seminar sebagai bentuk upaya yang dapat membantu karyawan juga perusahaan dalam menyelesaikan permasalahannya. Seminar “Unlocking Team Potential Team with Effective Communication” berisikan hal-hal penting seputar komunikasi yang efektif bagi karyawan dalam berinteraksi dalam ranah kerja. Seminar dilakukan dalam rangka membantu memfasilitasi karyawan dalam bentuk intervensi dari pemberian materi mengenai komunikasi efektif. Untuk mengukur perubahan dan peningkatan karyawan sebelum dan sesudah seminar, diberikan pretest dan posttest. Hasil dari seminar yang dilakukan yakni terdapat perbedaan pengetahuan oleh karyawan sebelum dan setelah diberikan seminar yang dibuktikan dari hasil pre-posttest yang dikerjakan.

References

Alamsyahdana, A., Silalahi, K. A., & Maidiana, M. (2023). Peran Komunikasi Dalam Organisasi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11).

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartika, S. 2012. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Seminar Pendidikan. http://sri-kartika.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-dan-fungsiseminar.html.

Mamluka, M., Afiliya, F. D., Rosalinda, S. W., & Dutahatmaja, A. (2024). Pentingnya komunikasi efektif dalam hubungan bisnis. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 6(3), 131-140.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 29-37.

Riono, S. B., Syaifulloh, M., & Utami, S. N. (2020). Pengaruh komunikasi organisasi, budaya organisasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai di rumah sakit dr. Soeselo Kabupaten Tegal. Syntax, 2(4), 139.

Siregar, E. (2022). Riset dan Seminar Sumber Daya Manusia (N. Rusmawati (ed.)). Widina Media Utama (Grup Cv. Widina media Utama).

Susanto, E.H. (2010). Komunikasi Manusia. Mitra Wacana Media.

Tanjung, A. S., Purba, A. M., & Muhammad, M. (2022). Pemahaman terhadap Teori-Teori Organisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5816-5823.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2), 94-99.

Published

2024-07-19

How to Cite

Andi Azizah Kusuma Dewi, Arzety Dinda Syafiqa, Afriani Taufik, & Andi Halimah. (2024). Unlocking Team Potential With Effective Communication: Seminar Komunikasi Efektif Karyawan CV. Kreasi Pisang Indonesia. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 79–83. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.737