Meningkat Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Gerakkan Penghijauan

Authors

  • Eva Suryani STIE Widyaswara Indonesia
  • Tri Yanti STIE Widyaswara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.862

Keywords:

Kesadaran masyarakat

Abstract

Pohon sebagai bentuk dari pelestarian lingkungan yang perlu dibudidayakan mulai dari lingkungan sekitar Timbulun Ulu Sungai Suliti melalui Gerakan Penghijauan dengan penanaman 1.500 bibit tanaman pohon yang terdiri dari pohon mahani, bayu, durian dan jengkol yang melibatakan masyarakat Timbulun ulu Suliti. Target yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah meningkatakan sumber daya manusia yang sadar akan pentinya program gerakkan penghijauan dilakukan, dan diharapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga bisa memberikan efek yang positif bagi masyarakat di Timbulun Ulu Suliti kenagarian Persiapan pakan Rabaa Utara Duo khususnya dan Kabupaten Solok Selatan Umumnya. Dari hasil kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan : (1) Stake holder kampus dalam hal ini Dosen dan mahasiswa STIE Widyaswara Indonesia bekerjasama dengan pihak pemerintah dan masyarakat Timbulu Ulu Suliti terlibat langgsung dalam kegiatan penanaman pohon mahoni, durian, jengkol, bayu. (2) Kegiatan penenaman pohon sudah terlaksanak dengan baik ditandai dengan penenam 1.500 bibit pohon tanaman pohon mahoni, durian, jengkol, bayu di Timbulun Ulu Sungai Suliti Kenagarian Persipan Pakan Rabaa Utar Duo Kabupaten Solok Sleatan. Saran yang dapat diberikan adalah pembinaan dan pengelolaan penanaman pohon secara berkelanjutan sebagau upaya mewujudkan kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

References

1] F. Faizana, A. L. Nugraha, and B. D. Yuwono, “Pemetaan risiko bencana tanah longsor Kota Semarang,” J. Geod. Undip, vol. 4, no. 1, pp. 223–234, 2015.

[2] U. Nomor, “Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Penggelolaan Lingkungan Hidup,” Penjelasan Pasal, vol. 2, 32AD.

[3] M. Mukson, U. Ubaedillah, and F. S. Wahid, “Penanaman pohon sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penghijauan lingkungan,” JAMU J. Abdi Masy. UMUS, vol. 1, no. 02, 2021.

Published

2024-07-28

How to Cite

Eva Suryani, & Tri Yanti. (2024). Meningkat Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Gerakkan Penghijauan. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 169–173. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.862

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.